Comscore Tracker

Intip Ragam Koleksi Museum Kayu Tuah Himba Tenggarong

Dibangun sejak 1994, tampilkan semua seni dari kayu

Tenggarong, IDN Times - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki dua museum yang cukup terkenal di Benua Etam. Salah satunya adalah Museum Kayu Tuah Himba, yang berada di kawasan Waduk Panji Sukarame, Tenggarong Kukar.

Museum ini dibangun pada 1 Januari 1994, di mana berdirinya tempat ini setelah adanya dorongan dari pemerhati lingkungan karena melihat luasnya kerusakan hutan di Kaltim. 

Maka itu, museum ini dibangun agar bisa menjadi pengenalan kepada masyarakat dan penyimpanan atas fosil-fosil kayu, mulai dari yang langka sampai terancam punah. 

Selain itu pun memperkenalkan tentang kayu, beberapa kerajinan dari kayu juga turut dipajang di tempat ini. Pastinya, menjadi salah satu destinasi wisata selama kalian berada di Kaltim kan.

Berikut penampakan Museum Kayu Tuah Himba.  

1. Perabot rumah zaman dulu yang saat ini sudah jarang digunakan masyarakat. Semua yang ada di sini terbuat dari kayu rotan

Intip Ragam Koleksi Museum Kayu Tuah Himba TenggarongPerabot rumah jaman dahulu yang terbuat dari kayu dan telah di museumkan (IDN Times/Riani Rahayu)

2. Ini adalah alat penangkap ikan yang digunakan masyarakat. Sampai saat ini di wilayah Kukar masih menggunakan alat-alat tradisional ini

Intip Ragam Koleksi Museum Kayu Tuah Himba TenggarongAlat penangkap ikan yang terbuat dari kayu (IDN Times/Riani Rahayu)

Baca Juga: Kisah Asal-usul Orang Basap dan Legenda Kutai Kartanegara

3. Selain keperluan rumah tangga, di museum ini tentu terdapat patung-patung yang menggambarkan kepercayaan masyarakat setempat. Pastinya juga terbuat dari kayu

Intip Ragam Koleksi Museum Kayu Tuah Himba TenggarongPatung-patung yang menggambarkan kepercayaan atau mitologi di Kukar yang dibuat dari kayu (IDN Times/Riani Rahayu)

4. Di Museum ini juga terdapat dua fosil buaya muara, masing-masing berjenis kelamin jantan dan betina. Kalau yang ini adalah buaya muara jantan berusia 70 tahun dari Sangatta

Intip Ragam Koleksi Museum Kayu Tuah Himba TenggarongBuaya Muara yang diawetkan (IDN Times/Riani Rahayu)

5. Karena museum ini mengangkat soal hutan, semua hal yang berasal dari tumbuhan dipamerkan di sini. Termasuk daun dan biji-bijian dari tumbuhan tertentu

Intip Ragam Koleksi Museum Kayu Tuah Himba TenggarongKoleksi biji-bijian di museum kayu (IDN Times/Riani Rahayu)

Nah, itu dia adalah beberapa potret Museum Kayu Tuah Himba Tenggarong. Sebenarnya masih banyak lagi yang dapat dilihat di museum ini.  

Berikut IDN Times menampilkan rincian koleksinya 

  1. Koleksi kayu sebanyak 305 jenis 
  2. Koleksi herbarium sebanyak 250 jenis
  3. Koleksi arboritum sebanyak 105 jenis
  4. Koleksi jenis rotan sebanyak 50 jenis
  5. Koleksi olahan dari kayu sebanyak 35 jenis
  6. Koleksi peralatan dapur tradisional sebanyak 12 jenis
  7. Koleksi alat musik sebanyak 17 jenis
  8. Koleksi alat tangkap ikan tradisional sebanyak 12 jenis
  9. Koleksi binatang diawetkan sebanyak 6 jenis

Baca Juga: 5 Fakta tentang Kerajaan Kutai Kartanegara yang Patut Kalian Tahu

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya