Comscore Tracker

Pulau Begansar, Danau Lindung di Kalbar yang Dapat Bergerak Sendiri  

Jadi tempat berkumpulnya ikan spesifik lokal daerah

Balikpapan, IDN Times - Beberapa waktu belakangan, viral di media sosial yang menampilkan keunikan sebuah Danau Siawan yang berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar).

Di mana di tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau kecil bernama Begansar. Dikutip dalam laman Dinas Perikanan (Diskan) Kapuas Hulu, nama "Begasar" yang berarti bergerak. 

Sesuai dengan namanya, pulau ini bergerak sendiri mengelilingi danau pada waktu tertentu secara teratur. Yang mana ketika pagi hari pulau ini bergerak kemudian kembali ke tempatnya pada sore hari.

1. Masuk dalam kawasan danau lindung

Pulau Begansar, Danau Lindung di Kalbar yang Dapat Bergerak Sendiri  Pulau Begansar, Danau Siawan, Kalbar (dok. Istimewa)

Di laman Diskan Kapuas Hulu disebutkan bahwa danau ini masuk dalam kawasan dilindungi. Hal itu mengacu pada Surat Keputusan (SK) Bupati Kapuas Hulu Nomor 79 Tahun 2004.

Secara administratif pulau yang disebut juga sebagai Pulau Bagot ini masuk dalam wilayah Dusun Kuala Buin Desa Nanga Tuan Kecamatan Bunut Hilir.

Dengan waktu tempuh dari pusat desa dengan menggunakan speedboat 3,3 Pk, kurang lebih 20 menit atau dengan berjalan kaki sejauh ± 1,5 Km.

Danau ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata daerah. 

Baca Juga: Tjhai Chui Mie, Perempuan Nomor Satu di Singkawang Kalbar

2. Memiliki kisah misteri yang dipercaya

Dari penelusuran media ini, Pulau Begansar ini juga dipercaya masyarakat setempat memiliki kisah mistis. 

Mengutip keterangan dari sebuah akun YouTube, diceritakan sekitar 20 tahun yang lalu ada seorang nelayan yang mencoba mengikat Pulau Begansar. Sebab di sana ada dua Pulau Begansar yang masih bisa bergerak. 

Namun setiap pulau itu diikat, tali yang menyatukan selalu putus. Konon nelayan itu kemudian bermimpi untuk bisa menghentikan gerak pulau itu, si pengikat harus menjadi tumbal.

Selain itu ada cerita lainnya jika Pulau Begansar bergerak karena ada ikan besar di bawahnya.

Selain menjadi tempat wisata, Danau Siawan ini juga dikunjungi saat momen keagamaan.

3. Awalnya memiliki tujuh pulau

Pulau Begansar, Danau Lindung di Kalbar yang Dapat Bergerak Sendiri  Ikan endemik di Danau Siawan di Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Foto Instagram Icha_Nestle

Diketahui sebelumnya ada tujuh Pulau Begansar yang ada di Danau Siawan ini. Namun lima lainnya sudah tidak bergerak lagi.

Perairannya merupakan ekosistem rawa banjiran berair tenang dengan luas ± 37.500 m2. Dijadikan sebagai habitat bagi ikan arwana, entukan, belida, tapah, tengadak, toman dan ikan spesifik lokal lainnya.

Seluruh kawasan perairannya merupakan kawasan yang dilindungi. Pada tahun 2009 telah dipasok ikan arwana sebanyak tujuh ekor melalui dana alokasi khusus Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kemudian dilakukan pemagaran di sekeliling danau lindung itu sepanjang satu kilometer. Tahun 2005 juga telah di bangun pos jaga yang berasal dari dana Tugas Pembantuan Direktorat KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Batu Nenek Kalbar, Mutiara di Perbatasan Malaysia

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya