Comscore Tracker

Siapkan Wisata Balikpapan Menjadi Lebih Baik, Survey Melalui QR Code 

Wisatawan diminta isi form kepuasan untuk kritik dan saran

Balikpapan, IDN Times - Sebagai upaya memperkenalkan wisata Kota Balikpapan dalam hal pelayanan dan kenyamanannya, Forum Duta Wisata Balikpapan pun memunculkan QR Code sebagai inovasi dalam memberikan nilai tambah pada tempat wisata di Kota Minyak. Dalam hal ini untuk mempermudah para pengunjung memberikan masukan langsung tentang wisata yang dituju.

Ketua Forum Duta Wisata Balikpapan (FDWB) Yoga Pratama menjelaskan, jika penerapan QR Code ini menjadi salah satu inovasi untuk peningkatan potensi pariwisata di Industri 4.0. Dalam bentuk data survey kepuasan pengunjung, penyediaan spot foto dan denah yang akan diarahkan QR Code melalui website, tentu mempermudah para wisatawan yang berkunjung tanpa harus bibgung bertanya kepada siapapun. 

"Dengan terkumpulnya data tersebut, akan menjadi patokan pegiat pariwisata dan pemerintah untuk meningkatkan potensi setiap tempat wisata," jelasnya, Kamis (2/12/2021). 

1. Pendapat wisatawan sebagai acuan

Siapkan Wisata Balikpapan Menjadi Lebih Baik, Survey Melalui QR Code (IDN Times/dok. FDW Balikpapan)

Tentunya, dari peluncuran QR Core ini tanggapan wisatawan merupakan salah satu masa depan keberlangsungan sebuah objek wisata. Melihat akan hal ini Bidang Inovasi Pariwisata FDWB didukung oleh Disporapar Kota Balikpapan menginisiasi sebuah program kerja yaitu CORE : QR Code Survei Kepuasan Wisatawan, guna kemajuan tempat wisata dengan tujuan riset terhadap pengumpulan data terkait kritik dan saran. Juga terhadap pengelolaan objek wisata di Kota Balikpapan.

"Jadi untuk QR Code ini wisatawan cukup scan barcode dan mengisi via google form saja," kata Yoga.

2. Dipadukan dengan program yang mengusung kebersihan wisata

Siapkan Wisata Balikpapan Menjadi Lebih Baik, Survey Melalui QR Code (IDN Times/dok.FDW Balikpapan)

Manariknya, program QR Code ini disandingkan dengan program GROW ‘Learn Together, Inspire Each Other'. Yakni program kerja Gotong Royong Wisata dibidang Lingkungan & EBT (energi bersih terbarukan). Di mana dalam rangka kepedulian dan semangat gotong royong dari FDWB terhadap aspek kebersihan objek wisata di Balikpapan, dalam hal ini Pantai Manggar untuk mendukung penerapan Sapta Pesona yang mana salah satu unsurnya adalah Bersih.

Adapun komunitas atau forum yang turut bergabung dalam pelaksanaan Beach Clean Up ini yaitu Forum Duta Lingkungan Hidup, Earth Hour Balikpapan dan Balikpapan Youth Spirit.

3. Serangkaian kegiatan saat launching QR Code

Siapkan Wisata Balikpapan Menjadi Lebih Baik, Survey Melalui QR Code (IDN Times/dok. FDW Balikpapan)

Adapun rangkaian acara launching yang dilakukan pada 20 November 2021 lalu, ialah agenda tour guiding menggunakan bus pariwisata dengan konten perjalanan seputar CHSE dan Destinasi Wisata Kota Balikpapan. Kepada komunitas/forum yang diundang, Beach clean up (gotong royong pembersihan pantai) melakukan siaran langsung melalui instagram sebagai bentuk edukasi paling cepat ke masyarakat.

Kolaborasi program kerja GROW & Launching QR Code by CORE ini diharapkan mampu berkesinambungan. Dengan upaya melestarikan dan memajukan pariwisata Kota Balikpapan dengan semangat gotong royong dan pemanfaatan teknologi.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya