Comscore Tracker

Menelusuri Keindahan Wisata Air di Waduk Panji Sukarame 

Kebanggaan masyarakat Kutai Kartanegara

Kukar, IDN Times - Kutai Kartanegara (Kukar) selalu menyimpan sejuta pesona alam yang terawat hingga saat ini. Salah satu wisata air yang kerap menjadi primadona di sana adalah Waduk Panji Sukarame yang terletak di Tenggarong Kukar Kalimantan Timur (Kaltim). 

Di sini, para pengunjung bisa menikmati alam yang memanjakan mata serta lokasi yang pas untuk memperindah status di media sosial. Untuk anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan Waduk Panji Sukarame, simak ulasannya di bawah ini. Menarik abis!

1. Latar belakang Waduk Panji Sukarame

Pada dasarnya, Waduk Panji Sukarame merupakan sebuah telaga yang airnya sudah dibendung. Masyarakat sekitar pun memanfaatkan waduk tersebut untuk mengairi sawah di sekitar. Bendungan ini memiliki luas sekitar 32 hektare adalah danau buatan yang memberikan pemandangan indah untuk dilihat.

Kecantikan alamnya berasal dari berbagai pohon rindang yang menghiasi sekitar waduk. Dengan begitu, rasa sejuk bisa dirasakan saat pengunjung berada di sana.

Waduk Panji Sukarame ini merupakan buatan. Meskipun begitu, airnya begitu tenang dan ditambah suasana alamnya yang asri membuat siapa pun akan betah berlama-lama di sini. Bagian selanjutnya yang membuat Waduk Panji Sukarame begitu indah adalah terdapat tanaman anggrek di sekitar waduk. Taman anggrek di sana sudah ada sejak tahun 1995 dan hingga kini terus dirawat.

Tanaman tersebut lokasinya tidak jauh dari tempat utama wisatanya sehingga dapat menarik wisatawan yang kebingungan mencari Waduk Panji Sukarame. Lebih kurang ada 43 jenis anggrek yang berada di taman tersebut dan dibudidayakan dalam satu tempat.

2. Fasilitas di dalam Waduk Panji Sukarame

Sama halnya dengan tempat wisata lainnya, di dalam Waduk Panji Sukarame memiliki beragam fasilitas sebagai berikut:

Di dalam Waduk Panji Sukarame ini cukup banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Tidak sedikit pengunjung yang sengaja piknik keluarga di sana sambil membawa makanan hanya untuk menikmati pemandangan di sana.

Dalam beberapa kesempatan, di sana selalu ada acara seperti musik untuk menghibur para wisatawan. biasanya ada band-band lokal yang kerap menunjukkan seni musiknya di atas panggung dan membawakan lagu-lagu daerah maupun lagu-lagu populer lainnya.

Salah satu wahana yang sering ditunggu para wisatawan adalah permainan air. Di sini, para pengunjung bisa menyewa sepeda air atau becak mini untuk mengelilingi waduk.

Untuk sepeda air ini hanya bisa ditunggangi dua orang saja dan itu pu sama dengan becak mini yang disediakan. Para pengunjung bisa melakukan foto-foto sambil bermain air atau sekadar ingin berkeliling danau.

Di dalam Waduk Panji Sukarame juga menyediakan flying fox yang bisa dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa. Untuk bisa menggunakan wahana ini, pengunjung harus ditimbang lebih dulu.

Untuk pengunjung yang tidak membawa bekal makanan, di sini juga telah disediakan kafe serta warung. Makanan dan minuman yang disajikan ada yang umum dan ada juga yang khas dari Kukar anda bisa memesan sesuai selera.

3. Lokasi Waduk Panji Sukarame

Tempat wisata ini ada di sekitar Kelurahan Panji Sukarame, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar di Kaltim. Lokasinya sendiri juga tidak jauh dari pusat kota sehingga anda bisa mengunjunginya menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Sedangkan lokasi Kukar sendiri bisa dijangkau dengan menempuh rute dari Balikpapan berjarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan darat. Kondisi jalannnya pun cukup baik untuk dilintasi kendaraan pribadi. 

Untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif sebesar Rp8 ribu sedangkan anak-anak seharga Rp5 ribu per orangnya.

Demikian ulasan singkat tentang Waduk Panji Sukarame dan semoga tempat ini bisa menjadi destinasi menarik untuk Anda.  

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya