Comscore Tracker

Menikmati Sunset di Pantai Lamaru yang Jernih

Ada kuburan peninggalan zaman penjajahan jepang

Balikpapan, IDN Times - Pantai merupakan destinasi favorit semua orang. Bermain ombak, melihat matahari terbenam, dan bermain pasir, adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain itu, berlibur ke pantai tidak membutuhkan banyak budget, biasanya untuk memasuki kawasan pantai hanya cukup membayar tiket masuk saja.

Seperti halnya Pantai Lamaru, salah satu potret keindahan dari Balikpapan. Pantai Lamaru memiliki air yang jernih, dan pasir yang putih bersih. Pantai ini terletak di  Desa Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Seperti yang sudah diketahui bahwa pulau Kalimantan sangat sedikit ditemukan pantai, kebanyakan pulau ini dikelilingi hutan dan rawa-rawa. Oleh karenanya Pantai Lamaru merupakan destinasi objek wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal.

Pantai Lamaru langsung menyuguhkan pemandangan indah dari selat malaka, air yang jernih, dan ombak yang tenang, membuat pantai ini sangat cocok dijadikan destinasi bersama keluarga yang ingin membawa anak-anak.

Potret keindahan dari Pantai Lamaru sudah terasa dari pintu masuk ke pantai ini, sambutan pohon rindang berwarna hijau, yang sebenarnya cukup asing untuk ada di pantai pohon satu ini, tapi justru menjadi daya pikat sendiri.

1. Potret keindahan pohon cemara

Menikmati Sunset di Pantai Lamaru yang Jernihcallhansaja

Jika biasanya pohon cemara terdapat di pegunungan, maka jika di Balikpapan pohon ini akan berjejer dengan sangat indah di pantai Lamaru. Pantai Lamaru memiliki potret keindahan dengan sambutan pohon cemara yang hijau dan rimbun.

Salah satu keistimewaan yang pantai-pantai lain belum tentu memiliki. Karena biasanya pantai-pantai ditumbuhi oleh pohon kelapa dan sejenisnya.

Pohon cemara yang tumbuh rimbun ini membawa suasana sejuk dan damai seketika saat anda baru saja sampai ke pintu masuk pantai Lamaru.

2. Pasir putih

Menikmati Sunset di Pantai Lamaru yang Jernihkempes__

Potret keindahan berikutnya dari pantai Lamaru adalah memiliki pasir yang putih dan bersih. Sebenarnya belum banyak para wisatawan luar mampir ke pantai Lamaru. Sehingga pantai ini masih sedikit terjamah oleh banyak orang.

Hanya wisatawan lokal yang silih berganti ke pantai Lamaru ini. para warga lokal memiliki tingkat disiplin yang baik dalam menjaga pantai Lamaru, mereka sangat menghargai pantai yang sedikit di pulau Kalimantan ini.

3. Ombak yang aman

Menikmati Sunset di Pantai Lamaru yang Jernihyoesrilim

Pemecah gelombang air laut berjejer rapi di Pantai Lamaru, sehingga pantai ini memiliki ombak yang tenang. Ombak yang tenang ini cocok untuk bermain di tepian pantai karena aman. Walaupun begitu tetap harus berhati-hati, jika membawa anak-anak tetap harus diawasi.

Air laut di pantai Lamaru cukup dangkal, dan memiliki beberapa struktur tanah yang landai anda dapat melihat petunjuk daerah mana saja yang memiliki struktur tanah landai guna keselamatan anda berwisata di pantai. amun pada bulan-bulan tertentu bisa terjadi ombak yang besar sehingga tidak aman bagi pengunjung. 

Hal yang perlu diingat saat anda mengunjungi pantai Lamaru anda harus perhatikan kondisi cuaca saat itu. Karena ketika kondisi cuaca yang tidak bersahabat akan mengakibatkan ombak menjadi besar dan berbahaya, hal ini disebabkan karena Pantai Lamaru berbatasan dengan selat sulawesi.

Baca Juga: Mengenal Ragam Baju Adat Kutai Asal Kalimantan Timur

4. Kuburuan jepang

Menikmati Sunset di Pantai Lamaru yang Jernihpantailamarubeach

Selain kecantikan panorama pantai yang disebabkan karena pohon cemara yang rindang, dan pasir pantai yang bersih. Pantai Lamaru pun menyimpan sejarah tentang penjajahan di Indonesia tepatnya perang duinia II.

Di pantai Lamaru tepatnya sekitar 150m dari area pintu masuk terdapat kuburan Jepang yang sejak 1992 telah diresmikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Balikpapan. Dengan adanya kuburan Jepang di pantai Lamaru, selain anda dapat berwisata alam, anda pun dapat berwisata budaya, mengingat kembali perjuangan para pahlawan melawan sekutu.

Kuburan Jepang ini dikelola oleh yayasan sakura Balindo yang bekerjasama dengan pemerintah Balikpapan. Sekitaran area kuburan Jepang juga terdapat tugu peringatan yang bertuliskan huruf kanji.

5. Potret indah sunset

Menikmati Sunset di Pantai Lamaru yang Jernihomang_inst

Seperti pantai lainnya yang memiliki potret keindahan dari pemandangan matahari yang terbenam. Pantai Lamara pun memiliki potret keindahan ini.

Air laut yang berwarna oranye akibat pantulan dari matahari yang perlahan-lahan turun, langit juga memiliki warna yang senada, bersamaan dengan satuan bunyi burung-burung yang bermigrasi pulang ke sarangnya.

Potret keindahan itu dapat anda saksikan ketika sore menjelang pada jam 3-4 sore di pantai Lamaru yang letaknya berada di Jalan Mulawarman kota  Balikpapan Timur.

6. Fasilitas

Menikmati Sunset di Pantai Lamaru yang Jernihdhafikhalid

Potret keindahan selanjutnya dari Pantai Lamaru adalah adanya andong untuk para pengunjung yang ingin berkeliling di hutan pinus atau hutan pohon cemara. Ternyata pohon cemara ini sengaja ditanam oleh pengelola pantai guna membuat teduh pantai Lamaru, dan ternyata menambah nilai ke estikan dari pantai ini.

Tak lengkap rasanya jika membicarakan potret keindahan dari Pantai Lamaru tanpa menyinggung tentang betapa lengkap fasilitas yang tersedia di pantai ini. Jika anda berwisata ke pantai Lamaru anda tidak perlu takut kelelahan berjalan karena akan ada mobil golf yang siap disewakan.

Anda juga dapat dengan mudah menemukan tempat ibadah, tempat makan, dan toilet yang bersih. Dan banyak fasilitas olahraga seperti voli pantai, sepak bola, flying fox, dan penyewaan permainan seperti ban, banana boat, atau kapal. Dan layang-layang yang dapat anda beli di area sana.

Baca Juga: Gunung-gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di Kaltim

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya