Comscore Tracker

Wisata Indah di Balikpapan yang Bisa Anda Kunjungi dengan Keluarga

Destinasi wisata memesona bagi pengunjung

Balikpapan, IDN Times - Wisata indah di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) ada beragam, dari mulai kebun raya, pantai, taman, bahkan yang lainnya. Nah, untuk anda yang berniat pergi ke sini, ada beberapa rekomendasi wisata indah di Balikpapan yang wajib anda ketahui:

Pantaslah nanti bisa kalian kunjungi menikmati keindahan wisata Kalimantan. 

1. Kebun Raya Balikpapan

Balikpapan juga memiliki kebun raya, bukan hanya Bogor saja yang memilikinya. Lokasi dari salah satu wisata indah di Balikpapan ini sendiri ada di Jalan Soekarno Hatta Km 15 tepatnya di Karang Joang Balikpapan Utara.

Untuk bisa sampai ke kebun raya tersebut, anda bisa menyewa mobil di Balikpapan. Di sana, anda dan keluarga bisa menikmati berbagai hal, di samping keindahannya, kebun raya sendiri menyimpan berbagai jenis hal unik dari Balikpapan.

Untuk anda yang lelah karena pekerjaan, tempat wisata yang ada di Balikpapan ini bisa menjadi destinasi hiburan. Tidak hanya menarik, namun unik, adalah hal yang menggambarkan Kebun Raya Balikpapan dengan segala keasriannya tersebut.

2. Wanawisata Km 10

Balikpapan memiliki trek bersepeda yang mumpuni, yakni Wanawisata Km 10. Dengan jalan khusus bagi orang yang bersepeda dengan santai atau pun sebaliknya, memiliki medan yang mendukung jelas penting.

Jalanannya sendiri diisi oleh berbagai macam pepohonan hijau yang membuat sejuk. Berbagai jenis kayu langka juga bukan tidak mungkin anda temukan jika pergi ke salah satu wisata indah di Balikpapan ini.

Apalagi, kalau anda adalah pekerja yang memiliki sedikit waktu untuk berjalan-jalan dan berlibur, bersepeda bisa jadi pilihan. Selain karena cepat, wisata ini juga mudah dituju.

3. Batu Dinding

Batu Dinding berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Tetapi memang, letaknya masih terjangkau ditempuh dari Balikpapan sekitar 50 km, di tempat tersebut terdapat keindahan dari batu dindingnya yang khas.

Spotnya yang cukup mudah ditempuh dengan kendaraan, baik motor maupun mobil, membuatnya banyak dituju. Mayoritas orang juga mengatakan,  bahwa wisata Batu Dinding ini sangat Instagramable sehingga tak kalah unik untuk dikunjungi jika dibandingkan dengan yang lain.

Adanya sedikit kabut tipis menjadikannya cukup sejuk, bersamaan dengan tempatnya yang pas untuk memotret pemandangan.

Baca Juga: 6 Travel dari Samarinda ke Balikpapan yang Perlu Anda Tahu!

4. Pantai Kemala

Wisata Indah di Balikpapan yang Bisa Anda Kunjungi dengan KeluargaPantai Kemala (promoliburan.com)

Tidak hanya untuk liburan, Pantai Kemala juga menjadi salah satu wisata indah di Balikpapan yang bagus untuk dijadikan destinasi bulan madu. Lokasinya benar-benar di pusat Kota Balikpapan, teparnya di belakang Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kaltim. 

Pemandangannya yang indah bersamaan dengan tempat yang mudah diakses, baik oleh kendaraan umum maupun pribadi, jelas membuat pantai ini banyak dikunjungi. Pantai Kemala juga terkenal di Balikpapan dengan berbagai jenis permainannya yang menantang keberanian. Contohnya seperti flying fox, banana boat, dan permainan sejenis yang bisa memacu adrenalin.

Nyatanya, tidak hanya hal romantis yang bisa dilakukan di pantai, namun juga momen menegangkan dengan permainan berbau adventure. Asyik, bukan? Apalagi jika pasangan yang anda bawa sama-sama suka petualangan.

5. Pantai Serumpun

Pohon pinus dengan nuansa alam yang masih natural ada di Pantai Serumpun, yang merupakan salah satu dari wisata  di Balikpapan. Maka tak heran jika banyak orang yang sengaja berkemah di sini atau piknik untuk menikmati berbagai pemandangan di Pantai Serumpun. 

Pantai Serumpun berada di Kelurahan Teritip Balikpapan Timur yang belum terlalu terkenal seperti halnya Pantai Lamaru dan Pantai Manggar. Tetapi soal keindahan, jangan diragukan lagi deh. 

6. Pantai Melawai

Wisata Indah di Balikpapan yang Bisa Anda Kunjungi dengan KeluargaPantai Melawai Balikpapan (IDN Times/ Mela Hapsari)

Batu karang menjadi icon yang sangat khas mengenai Pantai Melawai. Ditunjang dengan debur ombak santai dengan warna air kebiruan jernih, membuat pantai ini cocok untuk berlibur.

Apalagi lokasi pantai ini, tepat di tengah-tengah Kota Balikpapan dan berdampingan dengan kilang pengolahan minyak Pertamina Balikpapan. Pantai Melawai biasanya sangat ramai oleh pengunjung yang menikmati keindahan pantai sembari mencicipi menu jagung bakar yang murah. 

7. Pantai Lamaru

Wisata Indah di Balikpapan yang Bisa Anda Kunjungi dengan KeluargaPantai Lamaru tampak lengang meski diperbolehkan menerima pengunjung (IDN Times/Riani Rahayu)

Banyak spot Instagramable yang ada di Pantai Lamaru di Balikpapan Timur yang mendefinisikan keindahan dari Balikpapan yang begitu luasnya. Tak heran jika banyak orang pergi ke sini untuk menikmati pemandangannya yang indah dan menyejukkan.

Di hari libur, Pantai Lamaru padat dengan pengunjung menikmati keindahan deburan ombak dan deretan pohon pinus. 

Itulah dia beberapa wisata yang ada di Balikpapan. Anda bisa melakukan pemesanan resort di berbagai situs tertentu untuk persiapan menginap apabila ingin pergi dengan keluarga.

Baca Juga: 7 Travel dari Balikpapan ke Banjarmasin dan Palangkaraya

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya