Comscore Tracker

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia 

Surganya tropis Indonesia

Berau sebagai salah satu kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) punya keunggulan yang sulit disaingi daerah lain. Daerah yang berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik ini memiliki ratusan pulau-pulau kecil dengan panorama memesona.

Surga bagi mereka yang memang menggemari wisata bahari, seperti olahraga selam, snorkeling, hingga bersantai di cottage menikmati datangnya sunset dan sunrise.  

Tidak kalah indah dengan Bali dan Lombok dengan nilai tambah lokasinya yang masih perawan dari wisatawan. Penasaran kan, berikut 10 tempat wisata Berau yang rugi bila dilewatkan.  Simak artikel di bawah ini ya

1. Pulau Derawan

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia instagram.com/berau_asik

Kamu akan terpukau dengan keindahan bawah laut dari tempat wisata di Berau ini, jernihnya air laut pulau ini kamu bisa melihat terumbu karang dengan jelas. Pulau Derawan merupakan pusat wisata bahari di Berau yang berjarak tempuh 2 jam menumpang speedboat dari Kota Tanjung Redeb Berau. 

Pulau Derawan terdapat cottage yang disewakan dengan harga yang masuk akal di mana kalian bisa bersantai menikmati keindahan alam bahari yang menakjubkan. Sesekali, kalian pun bisa menyaksikan penyu hijau, manta, hiu tutul, dan lainnya berenang bebas di perairan Derawan yang memang menjadi habitat alamnya.   

Aktivitas snorkeling dan diving tersedia di pulau ini. 

2. Danau Labuan Cermin

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia ksmtour.com

Dikenal dengan “Danau Dua Rasa” karena air di permukaan danau ini terasa asin sedangkan air dasarnya terasa tawar. Kedalaman danau ini mencapai 4 - 5 meter, kamu bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling dan berenang.

Untuk mencapai ke danau ini kamu butuh menyewa kapal dari dermaga sekitar Rp.200 ribu pulang pergi dan jika ingin berkeliling menikmati keindahan Danau Labuan Cermin kamu bisa sewa perahu Rp20 ribu. Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kabupaten Berau

3. Pulau Kakaban

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia merahputih.com

Pulau Kakaban berjarak tempuh 1,5 jam dengan menumpang speedboat yang banyak disewakan di Pulau Derawan. Dalam Pulau Kakaban ini, terdapat sebuah danau yang cukup besar di mana di dalamnya terdapat habitat ubur-ubur yang uniknya tidak menyengat. 

Danau di tengah pulau yang berada di suatu perairan  laut sangat jarang di dunia ini. Tercatat hanya tiga di dunia, yakni di Indonesia, Philipina dan Portugal.

Di Danau Kakaban, kamu bisa berenang bersama ratusan ubur-ubur yang hidup di air payau. Lautnya yang jernih bisa kamu abadikan untuk difoto. Bukan hanya sebagai rumah untuk ubur-ubur namun tempat tinggal flora dan fauna di sekitar laut.

Lokasinya berada di Desa Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau.

4. Pulau Maratua

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia kaltim.tribunnews.com

Dikenal sebagai Maldivesnya Borneo pulau ini menyimpan panorama laut yang indah dan pasir putih terbentang sepanjang pantai. Kamu bisa bersantai di bibir pantai, snorkeling, hunting foto dan wisata kuliner.

Banyak penginapan di pulau ini, seketika lelah di perjalanan kamu bisa beristirahat sambil menikmati keindahan Pulau Maratua. Bosan dengan berwisata bisa dilanjutkan bersepeda mengelilingi pulau yang tidak seberapa besar. 

Pulau Maratua juga terdapat airport kecil yang juga melayani penerbangan komersil dari Balikpapan maupun Berau. 

Lokasinya berada di Pulau Maratua, Kabupaten Berau. 

5. Pulau Kaniungan

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia celebes.co

Hamparan pasir putih di pantai akan menyambut kedatanganmu di pulau ini, jarang dikenal wisatawan maka alam alami pulau ini tetap terjaga. Untuk berada di sini kamu butuh melakukan perjalanan 5 sampai 6 jam dari dermaga penyeberangan di Kampung Teluk Sulaiman.

Tersedia homestay yang dibangun oleh warga sekitar untuk kamu beristirahat sejenak dari perjalanan yang cukup lelah. Lokasi pulau ini berada di Teluk Sumbang, Kabupaten Berau. 

Baca Juga: 10 Lokasi Wisata Balikpapan yang 'Ramah Kantong' untuk Pelancong

6. Pulau Nabucco

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia travel.kompas.com

Keindahan alam dari pulau ini membuat kamu betah berlama-lama, tempat yang teduh berada di pinggiran pantai ditambah pemandangan alam yang eksotis membuat kamu semakin betah beristirahat.

Tidak perlu khawatir jika lapar, karena sekeliling pulau ini dilengkapi dengan berbagai restoran lokal. Lokasinya berada di Pulau Nabucco, Kabupaten Berau. 

7. Pulau Sangalaki

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia beborneotour.com

Sangalaki pantas disebut sebagai surga bahari di Indonesia. Di tempat ini terdapat hutan terumbu karang yang masih asri menjadi rumah habitat alam laut. Para penyelam sering menemui penyu hijau, manta, hiu paus, hiu sisik berenang bebas di kawasan ini. 

Pulau Sangalaki juga menjadi habitat alam penyu hijau yang bertelor di pasir yang berwarna putih. Hewan ini biasanya malam-malam naik ke daratan untuk menguburkan telornya. 

Di pulau ini tidak hanya keindahan alam yang ditawarkan namun keindahan biota laut seperti penyu menjadi tempat wisata edukasi karena kita bisa mempelajari pengembangbiakan dan penelitian penyu. 

Tidak hanya itu beragam aktivitas di Pulau Sangalaki seperti berjalan di pinggir pantai, diving dan hunting spot instagramable. Lokasinya berada di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau. 

8. Air Panas Asin Biatan

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia kaltim.tribunnews.com

Tidak sama dengan pemandian air panas pada umumnya objek wisata ini memiliki air panas yang terasa asin. Tempatnya masih alami dikelilingi pepohonan rindang ditambah kicauan suara burung merdu membuat kamu betah bersantai sejenak.

Lokasinya berada di Kampung Biatan, Kabupaten Berau. 

9. Goa Mulut Besar

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia Medium.com/pergi.com

Goa ini memiliki tinggi 10 meter dan lebar 20 meter, dahulu dikenal dengan Goa Kelelawar karena banyak sarang kelelawar di sini. Goa ini memiliki batuan yang eksotis karena proses terbentuknya secara alami.

Jika di siang hari akan terlihat cahaya matahari masuk melewati celah menambah nuansa magis di goa ini. Lokasinya berada di Kampung Merasa, Kabupaten Berau. 

10. Pulau Manimbora

10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia backpackerjakarta.com

Dikenal sebutan “Spongebob Island” pulau terpencil ini memiliki pemandangan alam yang indah. Hamparan pasir putih mengelilingi pantai, hangatnya pasir pantai membuat kamu ingin jalan-jalan keliling pantai dan rimbun pohon kelapa membuat kamu betah rileks sejenak.

Pulau ini menyimpan misteri karena ada tumpukan tulang belulang manusia tak hanya itu kamu bisa melihat sebuah bangunan dijadikan pusara. Lokasinya berada di Ampen Medang, Kabupaten Berau. 

Tempat wisata Berau sejatinya tak kalah elok dibandingkan Bali dan Lombok lho. Hanya memang masih kalah terkenal dibandingkan dua pulau di atas yang popularitasnya sudah mendunia. Patut kiranya nanti bisa kalian kunjungi saat pandemik COVID-19 sudah enyah dari negeri ini. 

Penulis: Dimas Zachary Bramantya

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Balikpapan yang Kece untuk Dikunjungi

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya