Comscore Tracker

Mengintip Keindahan Air Terjun Swan Slutung di Paser

Menjadi lokasi wisata andalan di Kaltim

Paser, IDN Times - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terkenal dengan pelbagai destinasi wisata alam yang banyak belum terjamah manusia. 

Kali ini akan mengupas tentang salah satu anugerah alam, Air Terjun Swan Slutung yang berlokasi di Desa Swan Slutung Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser. 

Darwansa seorang Pendamping Kecamatan Muara Komam menerangkan bahwa ada tiga titik lokasi air terjun yang terdapat di desa tersebut yang cocok untuk menjadi objek wisata alam. "Ada tiga tempat air terjun, Doyan Katas 1, Doyan Katas 2, dan Loyu Tangis," katanya, Selasa (30/3/2021). 

Darwan juga menceritakan bahwa air terjun yang ada di area des aini mulai dimanfaatkan oleh warga sekitar, dalam waktu secepatnya pemerintah kecamatan bersama pemerintah desa akan segera mengelola calon destinasi wisata ini.

"Rencana tempat itu mau dijadikan destinasi wisata. Dalam waktu dekat camat dan kades akan melihat sekaligus camping di sana," katanya. 

1. Terletak di bagian selatan Tana Grogot

Mengintip Keindahan Air Terjun Swan Slutung di PaserAir Terjun Kedung Kandang, Air Terjun di Gunung Kidul (nglanggeran-patuk.desa.id)

Perlu diketahui Kecamatan Muara Komam ialah kecamatan yang terletak di paling selatan dari Kabupaten Paser yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Selatan. Kecamatan ini memiliki jarak sekitar 50 kilometer dari Tana Grogot, Ibu kota Kabupaten Paser.

Kembali Darwansa menambahkan, jika memerlukan dua jam lamanya perjalanan dari titik awal adalah kantor kecamatan untuk masuk ke Desa Swan Sluntung.  Akses jalan yang dilalui sudah direnovasi sehingga dapat dilewati kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Pengelolaan calon destinasi wisata juga tak lain untuk menjadikan Air Terjun Swan Sluntung sebuah objek penuh potensi untuk membantu memenuhi perekonomian warga sekitar, karena jika kita selidiki bersama.

Sebagian besar warga sekitar memiliki mata pencaharian sebagai seorang petani, selain itu jika ada lokasi wisata baru yang menarik dapat membantu pemerintah setempat untuk mendatangkan wisatawan dari luar pulau atau luar negeri.

Baca Juga: Sejarah Kesultanan Kutai Kartanegara tentang Bergabungnya Dua Kerajaan

2. Air Terjun Loyu Bile

Mengintip Keindahan Air Terjun Swan Slutung di PaserAir Terjun Talang Purba, Air Terjun di Gunung Kidul (pegipegi.com)

Kemudian pada bulan Oktober tahun 2020 lalu, diumumkan jika tak hanya ada satu air terjun melainkan ada air terjun lainnya yang bernama Air Terjun Loyu Bile di Desa Selerong Kecamatan Muara Komam yang sudah diresmikan oleh pemerintah daerah.

Objek wisata Air Terjun Swan Sluntung yang belum terjamah ini mungkin termasuk ke air terjun perawan ya karena masih jarang yang mengunjungi. Namun jika petualang mampir ke sini dijamin tidak akan kecewa.

Karena panorama yang disajikan sangat memanjakan mata wisatawan, petualang juga dapat melepas penat dengan piknik bersama keluarga ditemani oleh percikan air yang menyegarkan.

3. Air terjun nan asri

Mengintip Keindahan Air Terjun Swan Slutung di PaserAir Terjun Sendang Tahunan, Air Terjun di Gunung Kidul (pidjar.com)

Dari bentuk, air terjun ini memiliki bentuk yang tidak terjal dan lebih ke berundak-undak seperti tangga terbuat dari batu dengan lebar yang luas. Maklum di daerah ini jarang ditemukan gunung, paling hanya bukit yang tak terlalu tinggi. Sehingga air terjunnya juga tidak tinggi. 

Tapi tenang keindahannya bikin ga nahan untuk segera tancap gas ke sana, petualang bisa main air melepas beban sehari-hari hanya dengan tertawa di bawah kucuran air terjun ini.

Saran untuk para petualang sebelum berangkat ke sini, jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk menghemat bujet serta menjaga kebersihan sendiri.

Sampahnya juga dibawa pulang ya jangan ditinggal begitu saja, selain itu bawalah baju ganti karena petualang tidak akan bisa menahan diri untuk berenang atau sekadar main air di pinggir kolam air terjun.

Selain baju dan bekal makan minum, petualang juga harus membawa perlengkapan keselamatan pertama alias P3K.

Safety First ya kawan!

Baca Juga: Sejarah Kabupaten Paser yang Punya DNA Kerajaan di Kaltim

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya