Comscore Tracker

Sungai di Kalimantan yang Terkenal akan Keangkerannya

Sungai Mahakam kisah tentang mitos naga Kalimantan

Samarinda, IDN Times - Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, tak terkecuali sungai-sungai yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Termasuk sungai yang jumlahnya banyak di Indonesia adalah di Kalimantan.

Sungai-sungai di Kalimantan dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, tempat pengairan dan perikanan hingga menjadi tempat wisata. Namun, tahukah anda bahwa beberapa di antara sungai ini menjadi tempat angker di Samarinda. Meski terlihat indah, beberapa sungai ini selalu diselimuti oleh aura mistis yang santer beredar luas di masyarakat.

Ingin tahu apa saja tempat angker di Samarinda di wilayah sungai-sungai di Kalimantan ini? Simak info selengkapnya berikut ini.

1. Hulu Sungai Barito Kalimantan Tengah

Sungai di Kalimantan yang Terkenal akan KeangkerannyaSungai Barito (instagram.com/banjarmasinbanget)

Sungai Barito ini berada di Pegunungan Muller, di mana aliran air mengalir ke Laut Jawa. Sungai yang terpanjang di Kalimantan Selatan ini menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kalimantan Tengah. Sungai di bagian tengah Kalimantan ini bermura hingga ke perairan Laut Jawa. Panjang dari Sungai Barito ini 1.000 kilometer.

Kisah mistis di sungai ini, konon ada buaya putih yang kerap muncul, dan dipercaya sebagai jelmaan Patih Laluntur dan Patih Sasanggan.

2. Sungai Kapuas Kalimantan Barat

Sungai di Kalimantan yang Terkenal akan KeangkerannyaSungai Kapuas (instagram.com/pontinesia)

Kejadian tenggelamnya kapal di Sungai Kapuas santer menjadi pembicaraan hangat masyarakat. Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang yang ada di Pulau Kalimantan dan sekaligus juga sungai terpanjang di Indonesia.

Sungai ini memiliki luas mencapai 1.143 kilometer. Konon, di sungai ini dahulunya pernah terjadi kecelakaan kapal, kemudian sering dikaitkan dengan sosok bernama Puaka, sosok mahkluk misterius penunggu sungai.

Wujudnya diyakini oleh masyarakat sekitar seperti kura-kura raksasa.

Baca Juga: Sejarah Kota Samarinda dan Kisah tentang Daeng Mangkona 

3. Sungai Mahakam Kalimantan Timur

Sungai di Kalimantan yang Terkenal akan Keangkerannyainstagram.com/bayuwirahadik

Sungai Mahakam merupakan sebuah sungai yang terbesar di Kalimantan Timur, sungai ini menjulang panjang hingga 920 kilometer. Melintasi wilayah Mahakam Ulu, Kutai Barat, Samarinda, Kutai Kartanegara hingga bermuara ke Selat Makassar.

Sungai Mahakam  juga menjadi pemasok bagi danau sekitar, total sekitar 76 danau. Terdapat 3 danau besar yang menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar, di antaranya yaitu : Danau Jempang, Danau Semayang, dan Danau Melintang.

Konon, kisah mistis di sungai ini adalah kisah naga yang hidup di dasar Sungai Mahakam. Naga tersebut terang dan bertubuh besar, dari cerita masyarakat dahulu naga tersebut pernah menunjukkan fisiknya.

4. Sungai Martapura Kalimantan Selatan

Sungai di Kalimantan yang Terkenal akan KeangkerannyaSungai Martapura, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Pasar Sudimampir, Banjarmasin (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sungai di Kalimantan Selatan banyak dikunjungi masyarakat, karena memang keindahan dan masih alaminya sungai ini. Cerita menyeramkan yang diketahui adalah bahwa ada sosok yang sering memakan korban setiap tahunnya.

Konon, sekitar Sungai Martapura diyakini sebagai tempat tinggal arwah Nini Randa, sesosok nenek bungkuk yang menyeramkan.

5. Sungai Mentaya

Seorang nahkoda pernah terombang-ambing di Sungai Mentaya  Kalimantan Tengah yang di mana cerita warga mengatakan bahwa ada kerajaan yang dipimpin oleh seorang putri penguasa alam gaib.

Demikianlah cerita tempat angker sungai-sungai di Kalimantan.  Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Kesultanan Berau sebagai Simbol Sejarah Islam di Kaltim

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya