Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

Tidak lengkap bila ke Bontang tanpa membawa oleh-oleh

Tak lengkap rasanya jika sedang berkunjung ke suatu kota tanpa membawa buah tangan khas kota tersebut untuk kerabat di rumah. Selain karena barangnya yang bagus, membeli oleh-oleh juga bisa jadi salah satu cara untuk berkontribusi pada perekonomian lokal di suatu daerah.

Kembali ke laptop, jika kamu berkunjung ke Bontang Kalimantan Timur (Kaltim) akan  bertemu dengan banyak sekali oleh-oleh khas setempat. Pas kiranya jadi buah tangan. 

Berikut 10 oleh-oleh khas Bontang yang wajib kamu bawa pulang

1. Amplang ikan

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!gotravelly, Amplang Ikan, Oleh-Oleh Khas Bontang

Makanan ringan berbahan dasar ikan giling dan tepung sagu ini wajib kamu beli ketika berkunjung ke Bontang. Amplang ikan sejenis kerupuk renyah dengan cita rasa ikan laut yang segar. 

Oleh-oleh khas Bontang ini mempunya rasa gurih dan renyah dengan aroma ikan tenggiri. Amplang ikan bisa dijadikan camilan atau makanan pendamping saat menikmati makanan utama.

2. Mantau

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!daerahkita, Mantau, Oleh-Oleh Khas Bontang

Mantau sekilas mirip dengan bakpau, namun oleh-oleh khas Bontang ini adalah makanan khas Kaltim. Mantau memiliki tekstur lebih padat daripada bakpau dengan rasa lezat dan gurih.

Mantau bisa dinikmati dengan cara dikukus atau digoreng. Biasanya, mantau disantap bersama hidangan daging sapi lada hitam.

3. Keminting

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!daerahwisata, Keminting, Oleh-Oleh Khas Bontang

Keminting termasuk kue kering dengan bahan dasar tepung kanji , gula jawa, dan tepung terigu. Hidangan ini cocok untuk dijadikan teman ngeteh atau ngopi karena rasanya yang manis dan renyah saat dimakan.

4. Bingka

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!kaltim.tribunnews, Bingka, Oleh-Oleh Khas Bontang

Kue tradisional ini selalu jadi favorit masyarakat Bontang. Tak heran bila banyak yang menjadikannya oleh-oleh khas Bontang. Terbuat dari mentega, kentang, gula, susu, dan santan, membuat rasa bingka manis dan unik.

5. Bakpia

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!gotravelly, Bakpia, Oleh-Oleh Khas Bontang

Jika Kamu pikir bakpia hanya ada di Jogjakarta, ternyata Bontang juga punya bakpia nya sendiri nih! Ukuran bakpia di Bontang dan bakpia dari wilayah lain pun berbeda. Bakpia Bontang memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga kamu akan lebih puas saat menyantapnya.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Hati

6. Gula gait

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!gulagaitareta.blogspot, Gula Gait, Oleh-Oleh Khas Bontang

Permen khas Kalimantan dengan bentuk memanjang seperti kayu ini menjadi salah satu oleh-oleh Bontang yang wajib kamu beli jika berkunjung ke Bontang. Gula gait terbuat dari gula aren. Cocok dijadikan pendamping kopi atau teh, atau dimakan langsung.

7. Onde-onde ubi ungu

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!tandaseru, Onde-Onde Ubi Ungu, Oleh-Oleh Khas Bontang

Pasti kamu sudah sering menjumpai jajanan tradisional ini kan? Bentuknya yang bulat dan ditaburi biji wijen ini tentu menjadi jajanan favorit setiap orang.

Ternyata Bontang juga mempunyai onde-onde khas Bontang. Yang membedakan antara onde-onde dari wilayah lain dan onde-onde khas Bontang adalah penggunaan ubi ungu pada onde-onde Bontang. Onde-onde ubi ungu ini cocok kamu jadikan oleh-oleh khas Bontang jika kamu sedang berwisata di Bontang.

8. Lempok durian

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!merdeka, Lempok Durian, Oleh-Oleh Khas Bontang

Pulau Kalimantan terkenal dengan produksi duriannya yang melimpah. Maka tak heran, oleh-oleh khas Bontang yang satu ini pun terbuat dari bahan dasar durian. Lempok durian ini memiliki kemiripan degan jajanan dodol dari Garut.

Namun begitu, proses pembuatan lempok durian ini murni menggunakan daging buah durian saja, tanpa tambahan tepung. Wow, meleleh gan. 

9. Batik kuntul perak

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!klikkaltim, Batik Kuntul Perak, Oleh-Oleh Khas Bontang

Beberapa daerah di Indonesia memang terkenal dengan motif batiknya masing-masing. Tak terkecuali Bontang yang memiliki motif kuntul perak. Burung kuntul yang menjadi motif utama pada batik ini melambangkan pendatang yang penuh semangat, sebagaimana kebanyakan warga Bontang yang merupakan orang pendatang.

Kamu bisa jadikan batik kuntul perak sebagai oleh-oleh khas Bontang. Selain untuk kenang-kenangan, juga sebagai cara untuk melestarikan budaya Indonesia.

10. Souvenir khas Bontang

10 Oleh-oleh Khas Bontang yang Wajib Kamu Bawa Pulang!celebes, Souvenir Khas Bontang, Oleh-Oleh Khas Bontang

Banyak sekali souvenir maupun aksesori yang bisa kamu jadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Bontang. Berbagai macam gantungan kunci, dompet, tas, sepatu, lukisan, dan jenis kerajinan lainnya dapat kamu jadikan oleh-oleh khas Bontang. 

Itulah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Bontang yang wajib kamu beli jika berkunjung ke Bontang. Jangan lupa beli ya saat berkunjung ke Bontang!

Penulis: Ridwan Saleh Fadillah

Baca Juga: 10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Raja

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya