TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Sepinggan Kembali Membuka Rute Penerbangan Internasional

Siap-siap melayani para traveler!

Kondisi pintu keberangkatan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan. (Humas Angkasa Pura I)

Balikpapan, IDN Times - Penerbangan internasional di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) sudah cukup lama terhenti.

Tak ada aktivitas di check-in counter untuk melayani penerbangan mancanegara. Setidaknya dari sebelum pandemik COVID-19 mewabah pada 2020.

Kini kabar baiknya, dua maskapai internasional siap mengudara kembali di langit Kota Beriman, sebutan Balikpapan. Di antaranya Scoot dengan rute Balikpapan-Singapura dan Air Asia rute Balikpapan-Kuala Lumpur.

Warga Bumi Etam semakin dimudahkan untuk bepergian ke luar negeri.

Baca Juga: Balikpapan Peringkat Pertama Panji Keberhasilan Pembangunan di Kaltim

1. Terbang perdana 27 Januari dan 8 Maret

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. (Humas Angkasa Pura I)

Sesuai pembahasan awal, rencananya penerbangan perdana internasional dimulai oleh Scoot terlebih dahulu. Rute menuju negara berlambang singa ini akan dibuka pada 27 Januari.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Rika Danakusuma mengatakan, rencana penerbangan perdana ini tergantung dari maskapai lagi. Namun dia berharap bisa berjalan sesuai rencana.

Tak hanya Scoot, maskapai Air Asia juga berencana mengudara lewat Bandara SAMS Sepinggan mengambil rute Balikpapan-Kuala Lumpur. Air Asia sendiri lewat akun media sosialnya sempat memposting penerbangan perdana rute internasional pada 8 Maret.

Frekuensi penerbangan dua kali dalam sepekan. Harga tiket mulai dari Rp1,1 juta. "Semoga Air Asia bisa menyemarakkan rute penerbangan di Bandara SAMS Sepinggan,” sebutnya.

2. Diharapkan berdampak baik untuk pertumbuhan ekonomi

Terminal kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan. (Istimewa)

Rika menjelaskan, pihaknya hingga kini belum mendapat kepastian total frekuensi penerbangan untuk rute internasional mendatang. Angkasa Pura I selaku pengelola bandara siap mendukung berapa pun frekuensi yang dibutuhkan maskapai.

"Karena yang terpenting terbang perdana terlaksana dulu. Ini kabar baik karena selama pandemik penerbangan internasional tutup,” tuturnya. Rika menyambut positif rencana ini karena turut mendongkrak pertumbuhan penumpang. 

Sehingga dampaknya juga pada pertumbuhan ekonomi. Termasuk tenant-tenat di Bandara SAMS Sepinggan akan semakin hidup. Mengingat sudah cukup lama penerbangan internasional tutup semenjak pandemik COVID-19. 

Baca Juga: Sebaran Dokter Spesialis di Kaltim Tak Merata, Terbanyak di Balikpapan

Berita Terkini Lainnya