TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Desa di Perbatasan Kaltara Sudah Menikmati Setrum PLN 

Daerah perbatasan di Kabupaten Bulungan dan Tana Tidung

PT PLN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) berhasil mengalirkan setrum bagi 7 desa di perbatasan Indonesia-Malaysia. Lokasinya berada di Kabupaten Bulungan dan Tana Tidung, Kamis (2/3/2023). Foto PLN

Balikpapan, IDN Times - PT PLN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) berhasil mengalirkan setrum bagi 7 desa di perbatasan Indonesia-Malaysia. Lokasinya berada di Kabupaten Bulungan dan Tana Tidung di Kalimantan Utara (Kaltara). 

Secara simbolis, PLN menyalakan sakelar listrik warga di Desa Tengku Dacing Kabupaten Tana Tidung pada Kamis 2 Maret 2023.  

"Butuh perjuangan untuk mengaliri listrik di desa-desa di Kaltara," kata Anggota Komisi 6 DPR RI Deddy Yevry Hanteru Sitorus dalam keterangan tertulis PLN.

Baca Juga: Kilang Pertamina Balikpapan Mengedukasi Keselamatan Pelajar

1. Dukungan dari banyak pihak

Petugas PLN sedang memasang meteran listrik di rumah warga tidak mampu. (Dok. PLN)

Deddy mengatakan, pembangunan jaringan listrik di Kaltara membutuhkan dukungan banyak pihak, yakni PLN dan pemerintah daerah. Hal ini demi mewujudkan rasio desa berlistrik 100 persen di tahun 2024.

Pembangunan jaringan listrik yang berguna dalam mendorong kegiatan produktif masyarakat di perbatasan. 

"Saya juga berharap agar listrik yang menyala hari ini tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluan konsumtif tetapi juga untuk kegiatan produktif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," ujarnya.

Penyambungan listrik ini merupakan bukti komitmen negara yang hadir lewat dana penyertaan modal negara (PMN). Dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di daerah-daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T).

2. Bupati Tana Tidung mensyukuri listrik desa ini

PT PLN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) berhasil mengalirkan setrum bagi 7 desa di perbatasan Indonesia-Malaysia. Lokasinya berada di Kabupaten Bulungan dan Tana Tidung, Kamis (2/3/2023). Foto PLN

Sedangkan Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali mensyukuri realisasi pembangunan infrastruktur listrik di wilayahnya. Khususnya di kawasan yang selama ini terkendala akses jaringan listrik PLN. 

Ia pun mengapresiasi kerja keras PLN dalam mewujudkan rasio desa berlistrik 100 persen di Kabupaten Tana Tidung. 

"Tinggal 2 desa lagi untuk mewujudkan program Tana Tidung Terang. Semoga dalam waktu dekat dengan sinergi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan PLN segera terwujud," ujarnya. 

Baca Juga: Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Megawati Sudah Dua Hari di Balikpapan

Berita Terkini Lainnya