TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertamina Balikpapan Terima Penghargaan dari Kementerian Desa

Menerima 2 penghargaan Kementerian PDTT

Dua program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan mendapatkan penghargaan Kementerian Desa. Foto Pertamina

Balikpapan, IDN Times - Dua program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan mendapatkan penghargaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pertamina memperoleh penghargaan dalam ajang corporate social responsibility (CSR) dan pengembangan desa berkelanjutan awards 2023. 

Yakni, Program Kampung Iklim di Kelurahan Muara Rapak di Balikpapan memperoleh peringkat emas dan Kampung Inggris dan pusat kreativitas Lawe-Lawe Penajam Paser Utara (PPU) mendapatkan peringkat perunggu.

"Kami patut bersyukur karena ada 2 program TJSL yang dilaksanakan oleh PT KPI Unit Balikpapan mendapatkan penghargaan dari pemangku kepentingan yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi," kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam keterangan tertulis, Jumat (3/2/2023). 

Baca Juga: Rhoma Irama dan Grup Soneta akan Meriahkan HUT ke 126 Kota Balikpapan

1. Kontribusi pelbagai pemangku kepentingan

Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Chandra menyampaikan, penghargaan ini diterima bukan semata-mata karena kontribusi dari PT KPI Unit Balikpapan. "Penghargaan ini dapat diperoleh tentu berkat kontribusi dari berbagai pemangku kepentingan. Mulai dari pemerintah kelurahan, dinas-dinas terkait dan institusi lainnya. Yang juga tak kalah pentingnya adalah bagaimana pada lokal hero dan anggota kelompok terus bersemangat dalam berkolaborasi untuk mengembangkan programnya," paparnya. 

Program Kampung Iklim di Kelurahan Muara Rapak merupakan program yang dijalankan untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan sekitarnya. Program Kampung Iklim bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat melakukan upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Program-program yang dilaksanakan di antaranya pengelolaan sampah, pemanfaatan lahan untuk tanaman dan penghijauan serta pencegahan dan penanggulangan bencana.

2. Pengembangan Program Kampung Inggris

Kilang minyak Pertamina. (Dok. Pertamina)

Sementara Program Kampung Inggris dan pusat kreativitas Lawe-Lawe di PPU merupakan program yang dilakukan untuk memberikan pengajaran berbahasa Inggris secara informal.

Selain itu, juga ditujukan sebagai pusat kreativitas masyarakat.

"Tujuan utama bukanlah mendapatkan penghargaan, namun melalui penilaian yang dilakukan oleh tim juri, terutama pada saat kunjungan lapangan, kami mendapatkan masukan-masukan berharga untuk mengembangkan program ini ke depan," ujar Chandra.

Chandra mengharapkan agar program-program tersebut juga dapat terus dikembangkan di masa yang akan datang. "Kami berharap program-program tersebut akan terus berkembang agar dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat luas," harapnya. 

Baca Juga: Pertama Kali, Mario G Klau Konser di Pantai BSB Balikpapan 

Berita Terkini Lainnya