Rhoma Irama dan Grup Soneta akan Meriahkan HUT ke 126 Kota Balikpapan

Taman Bekapai menjadi lokasi festival Balikpapan kreatif 

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) akan merayakan hari jadi kota ke 126 di Lapangan Merdeka Pertamina. Untuk hiburannya, akan dihadirkan grup dangdut Soneta dan Rhoma Irama. 

Ketua Umum Panitia HUT Kota Yudi Saharuddin mengatakan, peringatan dipastikan akan lebih meriah jika dibandingkan tahun 2022 lalu. Di mana rangkaian kegiatannya akan dilaksanakan sejak tanggal 1 Februari hingga 20 Maret 2023.

“Puncak acara akan dilaksanakan tanggal 10,11 dan 12 Februari 2023. Di mana di tanggal 10 Februari selain upacara, seluruh kantor pemerintahan, perusahaan dan swasta akan memutar lagu Hymne Balikpapan,” kata dalam keterangan pers di Auditorium Balai Kota Balikpapan, Selasa (31/1/2023).

1. Ada 65 rangkaian kegiatan HUT ke 126 Kota Balikpapan

Rhoma Irama dan Grup Soneta akan Meriahkan HUT ke 126 Kota BalikpapanPemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) akan merayakan hari jadi kota ke 126, Selasa (31/1/2023). (IDN Times/Hilmansyah).

Ketua 1 Panitia HUT Balikpapan Doortje Marpaung menambahkan, rangkaian perayaan akan dimulai dengan pelaksanaan Rapat Paripurna pada 7 Februari mendatang. “Jadi di usai paripurna akan diserahkan penghargaan kepada warga pelopor dan berprestasi serta RT terlama,” ucapnya.

Totalnya akan ada 65 kegiatan yang melibatkan seluruh warga selama perayaan HUT kota ini. 

Sedangkan di tanggal 10 Februari, katanya, Wali Kota Balikpapan akan menyerahkan panji-panji keberhasilan kepada OPD-OPD berprestasi. Di mana sorenya akan juga akan digelar Upacara Gelar Senja Istimewa.

“Untuk malamnya akan digelar syukuran, termasuk nantinya juga akan ada tabliq akbar yang akan digelar BIC,” paparnya.

Baca Juga: Ibu-Ibu dari Balikpapan Turut Hadiri Haul Guru Sekumpul di Martapura

2. Taman Bekapai akan jadi lokasi Festival Balikpapan Kreatif

Rhoma Irama dan Grup Soneta akan Meriahkan HUT ke 126 Kota BalikpapanTaman Bekapai Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara itu Ketua III Panitia HUT Balikpapan Adamin Siregar menyebutkan tema perayaan mengusung "Balikpapan Berkolaborasi Balikpapan Bersinergi". Bahwa apa yang lakukan pemerintah tidak akan maksimal, tanpa sinergi dan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat.

“Rangkaian HUT Kota akan menggelar Festival Balikpapan Kreatif yang akan dilaksanakan di Taman Bekapai yang menggelar stand street food, fashion street dan 44 stand paguyuban, “ jelasnya.

Berikut rangkaian HUT Ke 126 Kota Balikpapan di mana dimulai dari kegiatan di Hotel Novotel Balikpapan pada (7/2/2023). yakni diawali dengan rapat sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan.

Adanya penghargaan bagi warga berprestasi dan warga pelopor tahun 2023, penyerahan bantuan kemasan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di 6 Kecamatan kota Balikpapan.

Peresmian sarana prasarana olahraga dan destinasi wisata pantai Manggar, gerakan donor darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan.

3. Prosesi rangkaian HUT Balikpapan

Rhoma Irama dan Grup Soneta akan Meriahkan HUT ke 126 Kota BalikpapanIlustrasi Kota Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Kemudian, tepat pada 10 Februari 2023 adanya upacara HUT Kota Balikpapan di Lapangan Merdeka Pertamina dilanjutkan dengan gelaran senja Pramuka.

Setelah itu, dilakukan peresmian SMP Negeri 25 Balikpapan di Kampung Atas Air Balikpapan Barat. Malam syukuran hari jadi kota atau pameran foto potret Balikpapan di halaman Balai Kota Balikpapan.

Adanya pemutaran serentak hymne dan mars Balikpapan, serta menggratiskan angkutan umum dan lokasi wisata miliki pemerintah dengan tanda/stiker khusus.

Adapun kegiatan Balikpapan bersih dan sehat (5/2/2023) akan berlangsung gebyar vaksin di 34 Kelurahan, 7 Pasar, mal dan area publik dengan total 55 titik lokasi.

Gerakan donor darah massal di Mal Balikpapan Super Block (BSB), serta gerakan Balikpapan bersih-bersih di seluruh wilayah Balikpapan. Selain itu, terdapat lomba (9 Januari hingga 5 Februari 2023) berupa photography competition, lomba menulis bertema Balikpapan yang kuimpikan, lomba pantun, lomba ucapan HUT Balikpapan di media sosial, serta lomba e-sport mobile legend dan pubg.

Baca Juga: Lion Air Membuka Penerbangan Umrah Rute Balikpapan-Madinah-Jeddah

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya