Comscore Tracker

Bandara Sepinggan Balikpapan Raih Best Airports se Asia Pacific 

Sudah tiga kali memperoleh penghargaan serupa

Balikpapan, IDN Times - Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan kembali dianggap sebagai bandara terbaik dalam kualitas pelayanan (ASQ Award) kategori kapasitas 15 juta penumpang per tahun. 

Pengumuman penghargaan kepada masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) ini disampaikan dalam pertemuan yang dihadiri stakeholder bandara di antaranya Airnav, Otban, KKP, DPPU, bea cukai, Polsek Bandara, pimpinan airlane, di lantai kedatangan Bandara Sepinggan, Jumat (10/9/2021). Dengan menyaksikan bersama siaran tunda penghargaan dari ACI di Montreal, Kanada.

"Alhamdulillah kita sejak tahun 2017, sudah ikut dan dapat predikat dua. Di 2018-2021 kita berhasil mempertahankan best airport quality. Ini bukan pencapaian kami tapi semua dari komunitas bandara yang telah sungguh-sungguh berikan pelayanan terbaik kepada customer. Kami sifatnya hanya mengoordinasikan seluruh entitas bandara,” ujar GM AP I Balikpapan Barata Singgih Riwahono.

1. Ada tiga bandara raih best airports in Asia Pacific by size

Bandara Sepinggan Balikpapan Raih Best Airports se Asia Pacific Bandara SAMS Sepinggan bagikan masker dan hand sanitizer ke penumpang untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional (Dok. Bandara SAMS Sepinggan)

Penghargaan dari Airport Council Internasional (ACI) yang bermarkas di Montreal, Kanada diraih Bandara Sepinggan tahun ini menjadi bandara ini konsisten mempertahankan penghargaan sebanyak 4 kali berturut-turut sejak 2017 lalu.

"Ada tiga bandara yang meraih penghargaan Best Airports in Asia Pacific by Size pada ajang ASQ Awards dari ACI tersebut adalah Bandara SMAS Sepinggan, Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk kategori kapasitas 5-15 juta penumpang pertahun. Sedangkan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada kategori kapasitas bandara 2-5 juta penumpang per tahun," ujar Barata.

Barata mengatakan, kebahagiaan menyaksikan siaran tunda seremoni pengumuman bandara terbaik ASQ Award dari ACI, tidak seluruh bandara dilakukan pemilihan Namun hanya kepada bandara yang mengajukan diri untuk dilakukan penilaian.

"Ada 348 bandara dari seluruh region untuk dilakukan penilaian. Ada 115 ada di region Asia Pasifik termasuk Indonesia,” jelasnya.

Dari 115 bandara, ada 29 bandara masuk dalam kategori 5–15 juta penumpang termasuk Sepinggan Balikpapan.

Baca Juga: Rumah di Balikpapan Jebol Dihantam Tanah Longsor setelah Hujan Lebat

2. ACI lakukan dua penilaian setahun

Bandara Sepinggan Balikpapan Raih Best Airports se Asia Pacific Acara syukuran di Bandara Sepinggan Balikpapan Kaltim, Jumat (10/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Batara mengatakan, di tengah pandemik yang masif pada triwulan kedua tahun 2020 saat itu hingga kini tidak ada bandara di dunia yang tidak terkena dampak.

“Penilaian ini ACI dilakukan 4 kali dalam setahun pada 2020 periode Januari-Maret belum ada pandemik kita raih angka 4,98 Poin. Penilaian kedua awal pandemik larangan penerbangan April Mei mulai berdampak angka kita 4,62 turun. Kemudian triwulan ketiga Juli-September kita sudah recover alhamdulillah angka 4,92 dan kita berhasil di angka 4,99 pada triwulan ke empat,” bebernya.

ACI mengambil dua penilaian tertinggi selama setahun itu sehingga Bandara Sepinggan berhasil mempertahankan bandara terbaik.

“Usaha bersama, termasuk kita, masyarakat, pemerintah dan seluruhnya. Upaya kami tidak akan berhasil tanpa dukungan dari semua komunitas bandara,” ucapnya.

3. Bandara gelar syukuran sederhana

Bandara Sepinggan Balikpapan Raih Best Airports se Asia Pacific Acara syukuran di Bandara Sepinggan Balikpapan, Jumat (10/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Atas raihan ini, Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan  mendapatkan ucapan selamat dari berbagai komunitas bandara.

Pihak manajemen juga menggelar syukuran secara sederhana dengan pemotongan tumpeng dan berikan kepada Suwono dan Nanik yang bekerja sebagai petugas kebersihan.

Baca Juga: Antisipasi Kebakaran, Rutan Balikpapan Cek Instalasi Listrik Tahanan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya