Comscore Tracker

Kerja Sama Erat Antara Kaltim dan Sulteng dalam Bidang Ekonomi

Gubernur Kaltim berharap kerja sama berlanjut

Samarinda, IDN Times - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sepakat menjalin kerja sama dengan Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menyambut baik kerja sama ini, dan berharap kerja sama mampu memberikan kontribusi bagi rakyat Kaltim dan Sulteng, terutama meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Kita menyambut baik kerja sama ini. Sampai kapan waktunya, ya sampai kapan saja. Diharapkan terus berlanjut," sebut Isran Noor usai penandatangan kerja sama atau kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulteng yang ditandatangani Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis 9 September 2021.

1. Kedua provinsi saling membantu pasokan SDA

Kerja Sama Erat Antara Kaltim dan Sulteng dalam Bidang EkonomiIlustrasi tongkang angkut batu bara. IDN Times/Mela Hapsari

Bagi Isran, Provinsi Kaltim hingga saat ini banyak dibantu dan disuplay kebutuhannya oleh Sulteng, mulai pertanian hingga kebutuhan infrastruktur, yaitu batu untuk pembangunan gedung dan jalan.

Menurut Isran, kerja sama ini sudah sejak zaman Pemerintahan Belanda sudah ada, hanya saja tidak diformalkan. Sementara, untuk suplay khusus batu dan sayur-sayuran hingga sekarang terus berlangsung.

"Kita harapkan para pedagang atau pengusaha asal Sulteng yang menyuplai hasil produksinya semakin bermartabat. Sedangkan, Kaltim saat ini kita suplay ke Sulteng adalah batu bara," jelasnya.

Baca Juga: Keluh Kesah Bupati Pedalaman di Kaltim tentang Minimnya Sarana Daerah 

2. Gubernur Sulteng apresiasi kerja sama

Kerja Sama Erat Antara Kaltim dan Sulteng dalam Bidang EkonomiGubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura/IDN Times/Istimewa

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura sangat bersyukur bisa menjalin kerja sama ini. Diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat kedua pihak.

"Sudah sejak bahari kerja sama ini. Tapi, tak diformalkan. Karena itu, sekarang ada pemerintahan kita lanjutkan dengan administrasi yang baik," jelasnya.

Hadir mendampingi Gubernur Isran, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi, Kepala Bappeda Kaltim Prof Dr HM Aswin, Kepala ESDM Kaltim Christianus Benny, Kadis Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Siti Farisyah Yana, Karo Perekonomian H Nazrin, Karo PPOD Deni Sutrisno dan Karo Adpim HM Syafranuddin serta Sekretaris Disbun Kaltim H Surono.

3. Kondisi geografis Kaltim dan Sulteng

Kerja Sama Erat Antara Kaltim dan Sulteng dalam Bidang EkonomiIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Letak geografis Kaltim dan Sulteng cukup berdekatan dipisahkan perairan Selat Makassar mampu ditempuh dalam beberapa jam mempergunakan transportasi laut. Sulteng sangat terkenal dengan produksi sumber daya batu untuk proyek-proyek konstruksi pembangunan jalan dan bangunan. 

Sedangkan Kaltim memiliki produksi SDA batu bara untuk kepentingan industri. Produksi batu bara Kaltim banyak yang diekspor ke luar negeri.

Baca Juga: Demi Rumah Layak Huni, Gubernur Kaltim Temui Panglima TNI 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya