Comscore Tracker

Bingung dengan Modal Usaha, Silakan Akses KURKaltim

Kredit usaha pelaku UMKM di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Pergantian tahun disambut semangat optimisme untuk membangkitkan kembali ekonomi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) yang disediakan lembaga perbankan.

Langkah konkritnya, lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim meluncurkan Website KUR Kaltim www.kurkaltim.com sebagai wadah pelaku UMKM Benua Etam mengakses cara mudah memperoleh modal usahanya.

 

"Jadi pelaku UMKM kita tidak perlu repot-repot dan jauh-jauh mendatangi kantor bank untuk kreditnya. Ya, cukup buka website kurkaltim.com," kata Sekretaris Daerah Pemprov Kaltim M Sa'bani dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis (16/12/2021). 

1. Pemprov Kaltim menyambut terobosan OJK Kaltim

Saat mewakili Gubernur Kaltim pada peresmian website kurkaltim.com di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Sa'bani menyambut baik dan mengapresiasi website kurkaltim.com yang dirancang OJK Kaltim sebagai akselerasi percepatan akses pembiayaan/penyaluran kredit usaha rakyat bagi para pelaku UMKM di Kaltim.

Baca Juga: Ini Aturan bagi ASN di Kaltim selama Liburan Natal dan Tahun Baru

2. Kondisi UMKM di Kaltim

Bingung dengan Modal Usaha, Silakan Akses KURKaltimPeluncuran inisiatif #MelajuBersamaGojek yang digelar di Gedung Smesco, Jakarta Selatan pada Senin (10/8). Inisiatif #MelajuBersamaGojek merupakan keseluruhan upaya dan teknologi dalam ekosistem Gojek yang membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi. Peluncuran ini juga sekaligus memperingati Hari Nasional UMKM Indonesia pada 12 Agustus 2020. (Dok. IDN Times)

Dalam kesempatan itu, Sa'bani menyebutkan saat ini jumlah UMKM di Kaltim tercatat kurang lebih 307.343 pelaku UMKM.

Dan kondisi ini menjadi tugas bersama untuk terus mendukung peningkatan kapasitas UMKM, guna mendorong percepatan shifting struktur ekonomi Kaltim.

"Dengan pemanfaatan teknologi platform digital oleh OJK ini, saya yakin mampu mendorong peningkatan produktivitas UMKM bahkan naik kelas," ungkap Sa'bani.

Ke depannya, jajaran OJK dan pihak terkait lebih intensif menyosialisasikan website kurkaltim.com ke masyarakat melibatkan berbagai pihak.

"Edukasinya lebih masif agar masyarakat bisa muda mengakses webiste ini," ujar Sa'bani. 

3. Sosialisasi webiste guna membantu UMKM di Kaltim

Bingung dengan Modal Usaha, Silakan Akses KURKaltimIlustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sementara itu, Kepala OJK Kaltim Made Yoga Sudarma mengatakan, portal kurkaltim.com sudah diluncurkan sejak pertengahan bulan November 2021 lalu. Selama tiga minggu berjalan itu, ia mengungkapkan adanya 116 pengaduan KUR dengan total platform sebesar Rp9,5 miliar. 

"Yang sudah memperoleh persetujuan pengajuan kredit sebesar Rp2,75 miliar. Sisanya masih dalam proses telaah dokumen masing-masing bank," ungkapnya. 

Puncak acara adalah penandatanganan layar screen oleh Sekda Pemprov Kaltim Sa'bani, Kepala Regional IX OJK Kalimantan Riza Aulia Ibrahim, OJK Kaltim Made Yoga Sudarma, dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Tutuk Cahyono.

Terakhir adalah penandatanganan akad KUR debitur pelaku UMKM dengan kreditur lembaga perbankan. 

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya