Comscore Tracker

Penjualan Online dan Offline, Sociolla Store Hadir di Samarinda

Pasar Kaltim terus menarik untuk industri kecantikan

Samarinda, IDN Times - Sociolla, platform e-commerce yang fokus dalam penyediaan produk kosmetik dan kecantikan secara resmi membuka Sociolla Store di Big Mal Plaza Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) pada 21 Oktober 2021 lalu. Layanan e-commerce ini sengaja menggabungkan sistem penjualan secara online dan offline lewat pembukaan gerai omnichannel Sociolla di toko Samarinda ini.

“Kami mencoba menggabungkan sistem penjualan online dan offline lewat pembukaan gerai Sociolla Store ini,” kata PR Manajer Social Bella Indonesia Wisnu Hendrawan dalam virtual metting, Jumat (22/10/2021).

1. Ribuan produk kecantikan disediakan Sociolla Store Samarinda

Penjualan Online dan Offline, Sociolla Store Hadir di SamarindaPerwakilan dari Sociolla dan Social Bella dalam metting dengan jurnalis. Foto Sociolla

Wisnu mengatakan, Sociolla Store akan memberikan pengalaman baru dalam belanja produk kecantikan bagi konsumen Samarinda. Pelanggan berkesempatan membeli pelbagai produk-produk kosmetik dan kecantikan dari dalam maupun luar negeri.

Sebagai e-commerce khusus penjualan kosmetik dan kecantikan, Wisnu menyebutkan, Sociolla telah menjalin kerja sama dengan 300 brand terkemuka dalam dan luar negeri. Sehubungan itu, ia berani menjamin keaslian produk hingga sertifikasi aman diterbitkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia.

“Produk-produk kami digaransi aman dipergunakan konsumen. Toko Samarinda akan menyediakan ribuan produk dari 131 brand kecantikan,” sebutnya.

Bukan hanya itu, Sociolla Store di Samarinda juga menyediakan petugas advisor yang tugasnya membantu pelanggan dalam memilih produk sesuai karakteristik fisik masing-masing. Petugas ini nantinya yang akan membantu dan merekomendasikan produk-produk sesuai dengan keinginan pelanggan.

Baca Juga: Balikpapan Ditargetkan Sentuh Herd Immunity 70 Persen Minggu Depan

2. Sistem pemesanan secara online dan offline

Penjualan Online dan Offline, Sociolla Store Hadir di SamarindaSociolla Store di Big Mal Plaza Samarinda Kalimantan Timur. Foto Sociolla

Dalam situasi pandemik COVID-19 ini, pelanggan pun masih bisa memesan produk kecantikan secara online di platform Sociolla. Seperti biasa, produk-produk pesanan mereka akan dikirimkan ke alamat tujuan pemesan. 

Tetapi selain itu, para pembeli secara online juga bisa mengambil barangnya secara langsung ke Sociolla Store di Samarinda. Mereka cukup menunjukkan bukti kode transaksi pembelian produk-produk kecantikan di platform Sociolla.

“Ini bagi mereka yang sudah tidak sabar lagi menunggu kedatangan produk yang sudah dibeli secara online. Ambil barangnya langsung ke Sociolla Store Samarinda,” tuturnya.

Sociolla Store ini memang baru pertama kali berdiri di Pulau Kalimantan. Tetapi tidak menutup kemungkinan, dalam waktu dekat ini Social Bella akan mengembangkan investasinya Sociolla Store baru di Balikpapan.

“Bisa jadi seperti itu, karena kami sedang melakukan investasi pengembangan produk,” tegas Wisnu.

3. Peningkatan sektor industri kosmetik dan kecantikan di Indonesia

Penjualan Online dan Offline, Sociolla Store Hadir di SamarindaSociolla Store di Big Mal Plaza Samarinda Kalimantan Timur. Foto Sociolla

Lebih lanjut, Corporate Marketing Manager Cociolla Dewi Kharisma Putri menambahkan, data Kementerian Perindustrian menunjukkan pertumbuhan sektor kosmetik secara signifikan pada 2020 lalu. Ini terlihat dari kinerja pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional, di mana kosmetik termasuk di dalamnya, tumbuh 9,39 persen. Pertumbuhan industri kecantikan, termasuk kosmetik terus bertahan bahkan meningkat meskipun di tengah pandemik.

Pertumbuhan ini juga tercermin dalam data Social Bella, perusahaan kecantikan berbasis teknologi yang menaungi Sociolla, beauty platform terdepan di Indonesia di bidang kecantikan dan perawatan diri.

Berdasarkan data internal perusahaan, selama satu tahun terakhir terdapat peningkatan jumlah pengguna baru dari Kaltim sebesar 21 persen. Social Bella mencatat kategori produk kecantikan dan perawatan diri yang paling menjadi incaran para beauty enthusiast Samarinda di tahun 2021 ini yaitu produk toner, face serum dan sunscreen.

Sociolla juga mencatat bahwa brand COSRX asal negeri ginseng (Korea) merupakan brand primadona bagi para pecinta kecantikan selama tiga tahun terakhir. Di sisi lain, selama rentang Q3 di 2021 Social Bella mencatat terdapat peningkatan keranjang belanja oleh pengguna dari Samarinda hingga 30 persen jika dibandingkan di tahun sebelumnya yaitu Q3 2020.

Peningkatan pemesanan produk di Sociolla oleh pengguna Samarinda di Q3 2021 pun meningkat sebesar 27 persen dibandingkan di Q3 tahun 2020.

“Industri kecantikan bergerak begitu dinamis. Di tengah banyak perubahan yang terjadi dengan adanya pandemi, Social Bella mampu merespons hal tersebut dengan cepat dan solutif,” ujar Kharisma.  

4. Pembukaan Sociolla Store di 30 daerah

Penjualan Online dan Offline, Sociolla Store Hadir di SamarindaUnsplash/Antonin FELS

Itu pula yang melatari, kenapa Social Bella akhirnya memutuskan berinvestasi membuka toko di sejumlah lokasi. Sociolla Store di Samarinda, kata Kharisma merupakan gerai toko ke 30 yang diresmikan Social Bella selama tahun 2021 ini.

Bahkan terbaru ini, Kharisma menyebutkan, Social Bella pun sudah membuka investasi dua Sociolla Store di Vietnam. Ekspansi e-commerce produk kosmetik dan kecantikan ini berdasarkan potensi pasar di masing-masing lokasi pasar menjadi target perusahaan.  

“Meskipun selama pandemik, kita malah meluncurkan pembukaan toko di sejumlah daerah. Totalnya sudah mencapai 30 toko. Salah satunya di luar negeri, Vietnam,” ungkapnya.

Tercatat, Sociola Store di luar negeri terdapat di Ho Chi Minh dan Hanoi Vietnam.

Baca Juga: Anak Gen Z yang Harumkan Balikpapan dalam Ajang PON Papua

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya