Comscore Tracker

Pertamina Pamerkan Rumah Dahor dalam Pekan Kebudayaan Daerah Kaltim

Pamerkan Cagar Budaya Dahor

Balikpapan, IDN Times - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) tampilkan cagar budaya Rumah Dahor Heritage dalam Pameran Pekan Kebudayaan Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) 2022. Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Kaltim menggelar pameran di Dome Balikpapan, Kamis (2/6/2022). 

"Ajang pameran ini menjadi salah satu media kami untuk semakin memperkenalkan Rumah Dahor ke publik," ujar Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam pers rilis Pertamina. 

Baca Juga: Polda Kaltim Ringkus Remaja yang Jadi Kurir Sabu di Samarinda

1. Koleksi foto seputar Rumah Dahor

Pertamina Pamerkan Rumah Dahor dalam Pekan Kebudayaan Daerah KaltimSalah satu Rumah Dahor di Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Chandra menjelaskan, dalam pameran ini pengunjung dapat melihat koleksi foto yang terdapat di Rumah Dahor. Pengunjung juga dapat melihat miniatur Rumah Dahor yang dibuat menyerupai rumah aslinya yang saat ini masih berdiri. 

Dunia perminyakan dan Kota Balikpapan memang tidak dapat dipisahkan. Sejak pengeboran Sumur Mathilda yang dijadikan sebagai hari jadi Kota Balikpapan.

"Bangunan Rumah Dahor yang masih dipertahankan seperti bentuk awalnya merupakan salah satu bukti perkembangan sejarah Kota Balikpapan. Rumah yang dulunya dipakai oleh pegawai BPM, perusahaan asal Belanda yang dulunya mengembangkan industri minyak di Kota Balikpapan," jelas Chandra.

2. Informasi seputar cagar budaya jadi andalan Pertamina Balikpapan

Pertamina Pamerkan Rumah Dahor dalam Pekan Kebudayaan Daerah KaltimStand pameran PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) di Dome Balikpapan. Foto Pertamina

Dalam kesempatan itu, Chandra menyampaikan harapannya agar masyarakat Kota Balikpapan dapat datang berkunjung untuk melihat dan mendapatkan informasi dari Pameran Pekan Kebudayaan Daerah Kaltim. Pameran sendiri direncanakan akan berlangsung dari hari ini sampai dengan tanggal 4 Juni 2022.

Di stand Rumah Dahor juga akan dilaksanakan lomba mewarnai untuk anak-anak.

"Ayo datang ke pameran ini. Setelah datang, nanti jangan lupa juga langsung mampir di Rumah Dahor No 1 yang terletak di Kelurahan Baru Ilir," tutup Chandra.

Baca Juga: Membangun Sarana Air Bersih di Kaltim yang Tidak Mudah

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya