Comscore Tracker

PLN Bangun Fasilitas  Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Derawan Berau

Menuju green island wisata Pulau Derawan

Berau, IDN Times - PT PLN (Persero) memasang fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pulau Derawan Berau Kalimantan Timur (Kaltim). Pulau Derawan merupakan salah satu pesona wisata bahari yang memukau karena keindahan alam bawah lautnya.

Kehadiran panel surya di Pulau Derawan diharapkan menjadi semangat awal cikal bakal Green Island Wisata Pulau Derawan.

"Hadirnya PLTS di Pulau Derawan menunjukkan komitmen PLN dalam penggunaan sumber listrik ramah lingkungan, sekaligus untuk meningkatkan bauran energi hijau di Indonesia," kata General Manager PLN UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania dalam pers rilis, Rabu (14/9/2022). 

1. Wujud nyata PLN dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia

PLN Bangun Fasilitas  Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Derawan BerauPT PLN (Persero) memasang fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pulau Derawan Berau Kaltim. Foto PLN

Joice mengatakan, hadirnya PLTS Derawan merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia. Salah satunya lewat pemanfaatan energi baru terbarukan di sejumlah kawasan terluar. 

Dikelola oleh PLN UIW Kaltimra sejak tahun 2012, menurutnya, PLTS Derawan beroperasi dengan daya mampu maximum hingga 80 kilo watt peak (kWp) untuk menyuplai listrik warga Kepulauan Derawan.

Baca Juga: PLN Laporkan ke Gubernur Kaltim tentang Situasi Black Out Listrik

2. Mampu menyuplai listrik dengan stabil

PLN Bangun Fasilitas  Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Derawan BerauTeknisi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) tengah melakukan quality control di pabrik PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) Cikampek, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). PLTS dengan kapasitas produksi 2,1 GWh ini mampu mengurangi emisi karbon sebesar 2.104,66 ton per tahun. (Dok. BNI)

Menurut Joice, keberadaan PLTS Derawan terus diperbaiki dan direvitalisasi sehingga bisa memberikan suplai listrik yang lebih stabil bagi warga setempat.

“Saat ini kami fokus melakukan pengelolaan agar operasi PLTS Derawan bisa maksimal. Ke depannya kami rencanakan untuk melakukan revitalisasi panel surya untuk meningkatkan kapasitas hingga 190 kWp," tambahnya.

3. Mewujudkan kawasan wisata Green Island Pulau Derawan

PLN Bangun Fasilitas  Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Derawan BerauPT PLN (Persero) memasang fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pulau Derawan Berau Kaltim. Foto PLN

Melalui PLTS Derawan, PLN terus memupuk semangat agar ke depannya dapat mewujudkan kawasan wisata Green Island Pulau Derawan yang semakin ramah lingkungan.

Seperti diketahui, Kepulauan Derawan menjadi salah satu potensi wisata bahari menjadi andalan di Kaltim. Di mana tempat ini terdapat sejumlah spot indah, seperti Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, dan lainnya.

Baca Juga: PLN Sambungkan Jaringan Listrik Antara Kaltim dan Kaltara

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya