Comscore Tracker

PLN Laporkan ke Gubernur Kaltim tentang Situasi Black Out Listrik

Kondisi gangguan listrik sudah diatasi

Samarinda, IDN Times - Sebagai bukti tanggung jawab, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltimtara Saleh Siswanto melaporkan langsung terkait black out kepada Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor.

Pertemuan di Resto Ocean Balikpapan, Selasa (5/7/2022), Saleh Siswanto menjelaskan black out yang baru terjadi di beberapa wilayah di Kaltim

"Kami sampaikan kepada Bapak Gubernur telah terjadi gangguan pada Sistem Interkoneksi Kalimantan sekitar pukul 16.28 Wita," kata Saleh Siswanto dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Penormalan secara bertahap

Black out yang berdampak pada sebagian pelanggan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Saat terjadi black out, lanjutnya, petugas di lapangan langsung melakukan penormalan secara bertahap di seluruh unit yang terdampak gangguan agar sistem kelistrikan kembali normal.

Di mana pukul 17.00 Wita, PLN telah membentuk sistem kelistrikan island pada Sistem Barito (Kalimantan Selatan dan Tengah) dan Sistem Mahakam (Kalimantan Timur).

"Adapun penyebab gangguan masih dalam tahap penelusuran," ujarnya.

Baca Juga: Tiga Warga Jember Diringkus Polisi di Samarinda, karena Gendam

2. Awal terjadinya gangguan listrik

PLN Laporkan ke Gubernur Kaltim tentang Situasi Black Out ListrikIlustrasi listrik (ANTARA FOTO/Rahmad)

Info awal pada pukul 16.25 Wita terjadi gangguan Sistem indikasi awal di SUTT Barikin - Tanjung (indikasi SOTF). Dampak di Sistem Barito untuk Island Kalselteng terbentuk dan Island Bangkanai gagal.

Sedangkan dampak Sistem Mahakam untuk Island Balikpapan terbentuk dan Island Mahakam gagal.

3. Kondisi listrik di Kaltim sudah mulai normal

PLN Laporkan ke Gubernur Kaltim tentang Situasi Black Out ListrikPetugas PLN siaga menjaga keandalan jaringan listrik (dok. PLN)

Namun, Saleh Siswanto mengungkapkan hingga usai bertemu Gubernur Isran Noor, Sistem Mahakam dan sistem Barito sudah mulai normal secara bertahap

"PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Mohon doa dan dukungan agar sistem kelistrikan Interkoneksi Kalimantan segera normal," pungkasnya.

Baca Juga: Dendam, Residivis di Samarinda Rencanakan Pembunuhan Saksi Kasusnya 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya