TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Nona Manis Ubi Ungu, Camilan Lezat yang Bikin Nagih

Proses pembuatannya juga gak terlalu sulit, lho!

ilustrasi kue nona manis ubi ungu (YouTube.com/Arsyafa Kitchen)

Samarinda, IDN Times - Siapa yang bisa menolak lezatnya kue nona manis ubi ungu? Kue tradisional yang satu ini memang selalu bikin nagih dengan rasa manis gurihnya yang khas. Dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti ubi ungu, santan, dan tepung, camilan ini bukan hanya enak, tapi juga kaya gizi. Warnanya yang ungu alami dari ubi memberikan sentuhan menarik yang menggugah selera, cocok banget buat teman ngopi atau camilan sore bareng keluarga.

Proses pembuatannya juga gak terlalu sulit, lho. Bahkan bagi yang baru belajar masak, kue nona manis ubi ungu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan tekstur lembut dan rasa manis yang pas, setiap gigitan kue ini bikin siapa saja ingin nambah lagi. Yuk, simak cara membuatnya dan sajikan camilan lezat ini di rumah!

1. Bahan Kue Nona Manis Ubi Ungu

Bahan A:

  1. 150 gram ubi ungu kukus
  2. 75 gram tepung tapioka
  3. 75 gram gula pasir
  4. 25 gram tepung beras
  5. 1/4 sdt garam
  6. 175 ml santan sedang

Bahan B:

  1. 50 gram tepung beras
  2. 225 ml santan sedang
  3. 1/4 sdt garam
  4. 1 lembar daun pandan, simpulkan

Baca Juga: Panduan Lengkap, Toko Bahan Kue Terbaik di Samarinda

2. Cara Membuat Kue Nona Manis Ubi Ungu

ilustrasi mengukus kue nona manis ubi ungu (YouTube.com/Arsyafa Kitchen)
  1. Campurkan semua bahan yang tercantum pada daftar bahan B ke dalam sebuah panci. Aduk rata menggunakan whisk hingga tidak ada tepung yang menggumpal.
  2. Masak adonan dengan api kecil sambil terus diaduk menggunakan garpu kawat. Aduk terus menerus hingga adonan mengental dan meletup-letup kecil. Pastikan adonan matang sempurna agar menghasilkan tekstur yang lembut dan kenyal.
  3. Setelah adonan matang, angkat panci dari kompor dan dinginkan sebentar. Aduk sesekali agar adonan tidak membentuk lapisan di permukaan.
  4. Olesi cetakan kue nona dengan sedikit minyak tipis-tipis. Hal ini bertujuan agar adonan tidak lengket pada cetakan dan mudah dikeluarkan setelah dikukus.
  5. Tuang adonan A yang sudah dihaluskan ke dalam cetakan talam hingga mencapai sekitar 3/4 tinggi cetakan. Ratakan permukaannya agar hasilnya lebih rapi.
  6. Masukkan adonan B yang sudah dingin ke dalam piping bag. Gunting ujung piping bag dengan ukuran yang sesuai. Semprotkan adonan B di atas adonan A secara perlahan dan merata, hingga hampir penuh.
  7. Kukus adonan selama 30 menit atau sampai matang. Untuk mencegah air menetes ke permukaan kue, sebaiknya tutup panci kukusan dengan kain bersih.
  8. Setelah cukup matang, keluarkan kue dari kukusan, Biarkan hingga suhu ruang. Kemudian keluarkan kue dari cetakan. Sajikan kue nona ubi ungu selagi hangat atau dingin sesuai selera.

Verified Writer

Rismawati

Have a nice day

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya