Comscore Tracker

5 Alasan Negatif Kenapa Kalian Mengurangi Minum Teh

Bisa mengancam kesehatan kalian

Samarinda, IDN Times - Bagi sebagian besar orang Indonesia, teh adalah minuman wajib yang harus dikonsumsi di pagi hari sebelum beraktivitas. Meminum teh sudah bukan lagi menjadi kebiasaan namun juga sudah selayaknya budaya di masyarakat kita.

Namun, tahukah kamu bahwa kita sebaiknya tidak mengonsumsi teh saat perut kosong? Simak bersama, yuk ini dia alasan mengapa kita tidak boleh minum teh saat perut kosong, berikut ini.

1. Teh mengandung kafein

5 Alasan Negatif Kenapa Kalian Mengurangi Minum Tehunsplash.com/TeaCora Rooibos

Tidak hanya kopi, lho teh juga mengandung kafein. Dilansir dari Medical Daily (https://www.medicaldaily.com/health-benefits-coffee-vs-tea-which-one-better-you-309556) kafein dapat mengurangi cairan dalam empedu kita dan juga menekan pengeluaran asam lambung.

Hal ini akan mengakibatkan tubuh kita menjadi cepat mual dan pusing. Sebaiknya isi dulu perutmu dengan buah atau air putih baru mengonsumsi teh.

Baca Juga: 10 Rental Mobil di Samarinda yang Tarifnya Pas di Kantong

2. Menyebabkan kerusakan pada gigi

5 Alasan Negatif Kenapa Kalian Mengurangi Minum Tehunsplash.com/Fauzan Ardhi

Di lansir dari laman knowyourteeth.com (http://knowyourteeth.com/print/printpreview.asp?content=article&abc=s&iid=315&aid=1276) disebutkan bahwa gula yang terdapat pada teh bisa membuat kerusakan pada gigi khususnya enamel. Gula yang terdapat pada teh akan mengikis enamel gigi. Hal ini terjadi karena bakteri yang ada di dalam mulut kita akan menyebabkan peningkatan jumlah asam yang akan mengakibatkan enamel gigi mudah terkikis.

3. Dapat mengganggu metabolisme tubuh

5 Alasan Negatif Kenapa Kalian Mengurangi Minum TehUnsplash.com/Louis Hansel

Kandungan asam yang tinggi di dalam teh dapat mengganggu proses metabolisme tubuh kita, lho. Jika metabolisme tubuh kita terganggu dampaknya akan mengenai organ-organ vital tubuh seperti ginjal dan juga jantung.

4. Mengurangi penyerapan zat besi

5 Alasan Negatif Kenapa Kalian Mengurangi Minum TehUnsplash.com/Oriento

Bagi kamu penderita anemia khususnya sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi teh di pagi hari saat perutmu masih dalam keadaan kosong. Kandungan yang terdapat dalam teh dapat menyerap kandungan zat besi di dalam tubuhmu. Hal ini juga di dukung oleh sebuah jurnal Clinical Case Report (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5093162/) yang menyebutkan hal serupa bahwa teh dapat menyerap kandungan zat besi yang mampu menimbulkan anemia.

5. Membuat tubuh kehilangan cairan

5 Alasan Negatif Kenapa Kalian Mengurangi Minum TehUnsplash.com/Eugene Kuznetsov

Teh bersifat diuretik atau dapat membantu proses keluarnya cairan di dalam tubuh. Oleh sebab itu mengonsumsi teh saat perut kita kosong justru akan menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Kehilangan cairan dalam tubuh dalam jumlah banyak inilah yang sering kita sebut dengan dehidrasi. 

Waktu yang tepat saat meminum teh di pagi hari adalah setelah perutmu terisi kurang lebih satu jam setelah kamu sarapan. Mengonsumsi teh langsung setelah makan justru akan menyebabkan nutrisi dalam makanan yang telah kamu konsumsi akan terserap.

Nah, itulah tadi alasan mengapa kita sebaiknya mengurangi kebiasaan mengonsumsi teh,

Baca Juga: 10 Toko Kosmetik di Samarinda Produk Lengkap Banyak Diskon 

Annisa Nur Fitriani Photo Community Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya