Comscore Tracker

Kisah tentang Kuyang, Urban Legend Melegenda di Kaltim

Cerita horor yang masih dipercaya masyarakat 

Balikpapan, IDN Times - Pada pembahasan berikut ini terlihat seram dan menakutkan, namun dengan membaca ini anda bisa mengetahui hantu yang dipercaya ada di Kalimantan ini.

Kejadian cerita horor Kalimantan Timur (Kaltim) ini datang dari Dony Alfaredo Kambayong seorang warga setempat. 

Donny merupakan masyarakat asli yang lahir dan besar di Kaltim. Ia pun sudah tahu jika seseorang bercerita tentang hantu-hantu yang ada di Kalimantan, salah satunya hantu kuyang.  Yuk, sama-sama kita simak seperti apa kisahnya. 

1. Sosok kuyang yang melegenda

Kisah tentang Kuyang, Urban Legend Melegenda di Kaltimmonyetnongkrong.wordpress.com

Kuyang sendiri merupakan sosok hantu yang berwujud kepala manusia dengan organ tubuh yang menggantung, ia berkeliaran di malam hari dan menjadi cerita yang banyak dibicarakan masyarakat Kalimantan. Percaya atau tidaknya sosok yang digambarkan tersebut, beberapa masyarakat menggambarkan bahwa sosok kuyang adalah yang seperti itu, kepala menggantung dan organ tubuh yang menggantung.

Mangsa dari kuyang ini adalah wanita yang sedang hamil atau wanita yang baru saja melahirkan, karena kuyang sangat menyukai darah manusia. Bahkan, jika ia tidak menemui wanita yang melahirkan, ia bisa mengisap darah menstruasi wanita yang dibuang sembarangan.

Baca Juga: Kuyang, Sosok Urban Legend yang Sudah Meneror Warga Kaltim

2. Tempat menjadi sarang kuyang

Kisah tentang Kuyang, Urban Legend Melegenda di Kaltimhttps://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fcdn0-production-images-kly.akamaized.net%2Fd-_VM23C-XQAFaGpvrhadNNo0U8%3D%2F640x360%2Fsmart%2Ffilters%3Aquality(75)%3Astrip_icc()%3Aformat(jpeg)%2Fkly-media-production%2Fmedias%2F2704364%2Foriginal%2F012683500_1547537267-Viral-Video-Penampakan-Hantu-Kuyang-di-Balikpapan-Warga-Heboh.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fhot.liputan6.com%2Fread%2F4083700%2F5-fakta-kuyang-yang-dipercayai-masyarakat-indonesia-dan-doa-pengusirnya&tbnid=rkSZ-GHdA4JU4M&vet=12ahUKEwjz9IqM6KbuAhVEZCsKHf_TCv8QMygDegUIARCJAQ..i&docid=fIkQeeN3Xd3TWM&w=640&h=360&q=hantu%20kuyang&safe=strict&ved=2ahUKEwjz9IqM6KbuAhVEZCsKHf_TCv8QMygDegUIARCJAQ

Donny tinggal di pinggiran kota. Tetapi meskipun begitu, ia mendengar lokasi di mana menjadi persembunyian sekaligus sarang kuyang. 

Donny menyebutkan, sosok hantu ini berada di di antara 3 kampung di dalam hutan Balikpapan Timur. Ia bersembunyi di hutan, sekarang hutan di pinggiran kota sudah banyak berkurang seiring pembangunan daerah.

Waktu Donny masih duduk di sekolah dasar saling berbagi cerita seputar kuyang. Ia mengaku awalnya takut layaknya anak kecil polos, namun ketika Donny beranjak dewasa ia berpikir bahwa cerita teman-temannya dulu itu hanya mitos belaka.

Meski awalnya Donny tidak percaya adanya sosok yang dinamakan kuyang tersebut, namun Donny akhirnya menyaksikan sendiri kejadian di luar nalar itu.

3. Menyaksikan langsung penampakan kuyang

Kisah tentang Kuyang, Urban Legend Melegenda di Kaltimboombastis.com

Kejadiannya terjadi kepada pasangan suami istri yang merantau di Kalimantan dan mengontrak di sekitar rumah Donny. Saat itu istrinya sedang hamil dan tetap harus bekerja di saat kondisinya sedang berbadan dua.

Sebenarnya warga kampung juga sudah memperingati wanita tersebut agar tidak pulang terlalu larut, apalagi jika tidak ada yang menemaninya. Sampai wanita tersebut pulang lewat jam sebelas malam dan melewati jalan pintas lewat kebun kelapa. 

Keesokan paginya wanita tersebut kaget karena mendapati perutnya sudah kempis, dan tidak ada janin di dalam perutnya.

4. Kuyang suka dengan bayi yang masih merah

Kisah tentang Kuyang, Urban Legend Melegenda di KaltimWikimedia.org

Donny bercerita bahwa ada juga wanita hamil yang kebetulan kakak iparnya. Ia pergi untuk berbelanja lalu pulang malam.

Hingga tiba-tiba seorang nenek datang menghampirinya dan bertanya usia kandungannya sambil mengelus perut wanita tersebut. 

Karena tidak mengetahui tentang cerita kuyang itu bahkan tidak mengetahui apa itu kuyang, sampai ibu tersebut membiarkan nenek tersebut mengelus perutnya. Sesampai nya di rumah si ibu hamil merasakan sakit perut yang luar biasa yang ia kira akan melahirkan. Dan ketika wanita tersebut berjuang melahirkan, anaknya sudah tidak bernyawa.

Belum lagi adanya tambahan cerita dari teman satu sekolah Donny yang juga menjadi korban kuyang. Ketika itu, istri temannya itu baru pertama kali tiba di Kalimantan. Saat itu anaknya ditaruh sendirian di kamar, sedangkan mertuanya masak di dapur. 

Sekembalinya, anaknya ditemukan sudah tidak bernyawa dan badannya membiru.

Dari tiga cerita di atas, mungkin masih banyak yang belum mempercayai dan belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Namun bagi mayoritas masyarakat di Kaltim, hal-hal tersebut sangat dipercaya adalah korban serangan kuyang. 

Demikianlah pembahasan berikut, semoga dapat diambil pelajaran dan terus beribadah kepada Allah untuk selalu diberikan keselamatan dan kesehatan bagi kita semua.

Baca Juga: Misteri Kapal Hantu dari Seluruh Dunia, Salah Satunya di Berau

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya