Comscore Tracker

5 Cara Mendukung Teman yang Mengalami Pelecehan Seksual, Pastikan Aman

Percayai cerita tentang kejadian yang dialaminya

Balikpapan, IDN Times - Kasus pelecehan seksual sering terjadi di berbagai negara. Korban yang mengalami hal tersebut sering kali terbebani secara moral, emosional hingga trauma. Bahkan kita merasa bingung dengan apa yang harus kita katakan atau lakukan untuk mendukung mereka.

Mendukung teman yang mengalami pelecehan seksual mesti kita berikan empati penuh padanya. Jika kamu ingin membantu temanmu yang menjadi korban pelecehan seksual, kamu perlu memahami bahwa pemulihan sang korban akan terlihat berbeda.

Tanyakan pada temanmu tentang apa yang dia rasakan dan butuhkan.

1. Pastikan teman kamu aman atau tidak berada dalam bahaya

5 Cara Mendukung Teman yang Mengalami Pelecehan Seksual, Pastikan Amanilustrasi mendukung teman (pexels.com/Liza Summer)

Yang pertama kamu harus memeriksa keadaan temanmu, apakah dia masih berada dalam bahaya langsung atau tidak. Terutama apabila dia mendatangi kamu untuk meminta pertolongan setelah mengalami pelecehan seksual. Mungkin saja temanmu membutuhkan kamu untuk memanggil polisi.

Tetapi dalam beberapa kasus, pelecehan seksual bisa terjadi dalam beberapa minggu, bahkan sampai berbulan-bulan dan bertahun-tahun lamanya. Bagaimanapun, jika kamu ingin menghubungi temanmu untuk menawarkan dukungan, pastikan terlebih dahulu apakah kondisinya sudah aman atau belum.

Baca Juga: 7 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

2. Ucapkan terima kasih pada teman karena sudah mempercayaimu

5 Cara Mendukung Teman yang Mengalami Pelecehan Seksual, Pastikan Amanilustrasi berterimakasih (pexels.com/William Fortunato)

Menurut seorang ahli, jika seseorang memberi tahu kamu bahwa dia telah dilecehkan secara seksual oleh orang lain, itu artinya dia telah menilai bahwa kamu dipercaya olehnya. Dia merasa cukup aman jika berada di samping kamu, atau dia merasa bahwa kamu dapat melindunginya dan akan mendukungnya.

Sebagai manusia, kita semua ingin menyelesaikan berbagai hal dengan terburu-buru. Hanya saja kamu mengakui persitiwa tersebut merupakan peristiwa traumatis, dan kamu senang karena bisa dipercaya sebagai orang yang diberitahu dan dapat menolongnya.

3. Beri tahu teman bahwa kamu percaya padanya

5 Cara Mendukung Teman yang Mengalami Pelecehan Seksual, Pastikan Amanilustrasi mempercayai (pexels.com/Liza Summer)

Sebagai orang yang merasa dipercaya oleh korban, secara langsung maupun tidak langsung tentu kamu telah dipercaya olehnya dengan kejadian yang dialaminya. Namun, alangkah baiknya secara langsung kamu perlu mengatakannya bahwa kamu mempercayainya, agar dia benar-benar merasa dipedulikan dengan sepenuh hati.

Sangat penting bagi kamu untuk tidak mengatakan bahwa pelecehan seksual adalah kesalahan mereka. Jangan pula menghakimi apalagi meragukan cerita tentang apa yang sedang atau sudah terjadi padanya. Jika dia menyalahkan dirinya sendiri, yakinkan padanya untuk tidak merasa bersalah, dan kejadian tersebut bukan kesalahannya.

4. Ajak temanmu untuk mencari bantuan dan dukungan pihak lain

5 Cara Mendukung Teman yang Mengalami Pelecehan Seksual, Pastikan Amanilustrasi konseling (pexels.com/nappy)

Mungkin kamu akan mengakui bahwa kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jika begitu, kamu perlu meluangkan waktu untuk memikirkan pihak mana saja yang bisa membantu temanmu secara emosional, fisik, dan keadilan.

Rasa trauma bisa saja terjadi, maka kamu bisa mencari seorang psikiater atau psikolog untuk memulihkan kondisi emosional temanmu. Selain itu, jika dia mengalami kekerasan dan terdapat luka di tubuhnya, kamu dapat menghubungi dokter atau mengantarnya ke rumah sakit.

Satu lagi, jika kamu ingin melaporkan pelakunya ke pihak berwajib, maka pastikan terlebih dahulu apakah korban yakin atau tidak. Jika dia tidak yakin, kamu bisa menyarankannya agar mendiskusikan hal tersebut dengan konselor yang akan membantunya dalam mengambil keputusan.

5. Biarkan temanmu membuat keputusan berikutnya

5 Cara Mendukung Teman yang Mengalami Pelecehan Seksual, Pastikan Amanilustrasi membuat keputusan (pexels.com/Monstera)

Meskipun kamu dipercaya oleh teman yang mengalami pelecehan seksual, itu tidak berarti kamu dapat menetapkan keputusan selanjutnya. Tetapi biarkanlah dia yang memutuskannya sendiri, meskipun sesuatu yang dia putuskan itu bertentangan dengan apa yang menurut kamu benar.

Hanya saja kamu perlu menanyakan padanya, bagaimana dia ingin melanjutkan dan bagaimana kamu bisa membantunya dengan sebaik mungkin. Dikarenakan kejadian pelecehan itu terjadi tanpa persetujuannya, maka akan lebih baik jika kamu memberikan kendali penuh padanya, bahwa dia bisa memegang kendali kuat setelah kejadian traumatis yang menimpa dirinya.

Dengan demikian, seseorang yang menjadi korban pelecehan seksual sering kali diintimidasi untuk tunduk terhadap si pelaku. Jika korban memberontak, si pelaku akan melakukan kekerasan bahkan sampai menyekapnya. Apabila orang-orang di sekitar kita mengalami hal yang serupa, maka sangat penting bagi kita untuk mendukungnya dengan sepenuh hati dan empati.

Baca Juga: Hidden Gems Balikpapan, Prim's Italian Surganya Makanan Italia

Ali Akbar Mhd Photo Community Writer Ali Akbar Mhd

Menyukai Kesibukan Walau Tak Lupa Rebahan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya