TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kerajinan Tangan Kreatif Daun Lontar Inspirasi dari Alor

Belajar gunakan produk ramah lingkungan dari rumah

Daun lontar kering(Dok.pribadi/Idha)

Balikpapan, IDN Times - Lontar adalah tumbuhan pepohonan yang menyerupai pohon kelapa, namun dengan batang yang lebih gelap. Seperti kebanyakan pohon, pohon lontar memiliki akar, batang, daun, bunga, dan buah.

Setiap bagian dari pohon lontar memiliki manfaat bagi manusia, tetapi yang sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan yang unik dan menarik adalah daunnya.

Daun lontar dapat dijadikan bahan untuk membuat berbagai kerajinan tangan yang sangat berguna. Kerajinan tangan dari daun lontar telah ada sejak zaman dahulu dan diwariskan turun-temurun hingga generasi saat ini.

Berikut adalah 4 kerajinan berbahan dasar daun lontar dari tangan para pengrajin yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda!

1. Nyiru

Nyiru berbahan dasar lontar(Dok pribadi/Idha)

Nyiru adalah alat yang digunakan untuk menampi beras, yakni membersihkan beras dari sekam. Nyiru juga dapat digunakan untuk menaruh sayuran, jagung, dan lainnya.

Meskipun terlihat sederhana, alat dapur anyaman dari daun lontar ini dapat bertahan hingga lebih dari 5 tahun.

Baca Juga: Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di Balikpapan

2. Tas mini

Tas anyaman(Dok.pribadi/Idha)

Tas adalah teman perjalanan penting bagi manusia karena berfungsi untuk menyimpan barang bawaan. Tas anyaman mini dari daun lontar memiliki tutupan yang sederhana namun tetap aman dan nyaman digunakan. Tas ini cocok untuk menyimpan HP dan dompet saat bepergian, serta ramah lingkungan.

3. Bakul mini

Bakul (Dok.pribadi/Idha)

Bakul terbuat dari daun lontar dan bambu, yang membuatnya ringan dan tahan lama. Di daerah pesisir, bakul ini biasa digunakan untuk menyimpan makanan. Di daerah pegunungan, bakul berfungsi untuk membawa bahan makanan ke kebun atau menyimpan makanan saat pergi ke pesta.

Writer

Pengaggum Anugerah

Selalu bersyukur dengan Anugerah yang Tuhan berikan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya