Comscore Tracker

5 Mindset untuk Mengurangi Sikap Posesif ke Pasangan, Terapkan!

Biar hubungan sehat dan langgeng

Samarinda, IDN Times - Cemburu pada pasangan adalah hal yang wajar. Namun, harus tetap memperhatikan batasan supaya bisa dikendalikan. Kalau tidak, kecemburuan akan menimbulkan perasaan curiga yang tidak positif dalam menjalin hubungan percintaan. 

Akhirnya, sikap saling menghargai antar pasangan bisa memudar sehingga berpengaruh pada hubungan kalian ke depan. Alih-alih peduli tetapi malah menjadi posesif

Nah, kalau saat ini kamu atau pasangan selalu berlebihan saat cemburu, sudah saatnya untuk memperbaiki pola pikir bersama supaya hubungan tidak semakin rusak. Berikut ini lima mindset yang bisa dipahami dalam mengelola sikap posesif ke pasangan.

1. Anggap pasangan sebagai sahabat

5 Mindset untuk Mengurangi Sikap Posesif ke Pasangan, Terapkan!ilustrasi pasangan bermain di sungai (pexels.com/Leah Kelley)

Salah satu kunci dari kompaknya persahabatan hingga lebih dari belasan tahun adalah sikap tulus saat berusaha saling mendukung. Nah, sikap ini juga bisa kamu bawa saat bersama pasangan. Anggap dia sebagai sahabat yang akan menemani seumur hidup.

Dengan begitu, rasa posesif dalam benak perlahan akan berkurang. Tidak ada lagi pemikiran untuk menghalangi usaha pasangan mewujudkan impiannya. Karena takut melukai harga dirimu hingga takut impiannya bertentangan dengan keinginanmu.

Dengan begitu, kalian bisa saling memperbaiki kekurangan dan kesalahan bersama, sehingga hubungan yang dijalin juga terkesan lebih santai dan tidak terlalu dibebani oleh banyaknya tuntutan.

Baca Juga: 15 Tempat Penyewaan PS di Samarinda, Bisa Main Sepuasnya!

2. Jangan bereaksi berlebihan

5 Mindset untuk Mengurangi Sikap Posesif ke Pasangan, Terapkan!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Reaksi yang terlalu berlebihan saat bertengkar bisa memperkeruh suasana. Apalagi kalau pertengkaran ini dimulai karena asumsi yang muncul dari hasil pemikiran sendiri, bukan berdasarkan fakta yang ada. Maka akan membuat hubungan semakin terasa kaku.

Ingat kalau pasangan yang setia pada komitmen tidak akan berselingkuh. Cukup saling percaya pada satu sama lain, maka rasa cemas dan khawatir nantinya akan hilang. Jangan sampai membuat pasangan jadi ragu untuk berbicara karena takut melihat reaksimu.

Cobalah bersikap lebih tenang saat merespons. Gunakan juga sedikit candaan biar suasana mencair. Dengan begitu, pasangan yang memang salah akan sadar dan minta maaf. Kalau pun tidak minta maaf, hubungan kalian akan selamat.

3. Stop memikirkan masa lalu

5 Mindset untuk Mengurangi Sikap Posesif ke Pasangan, Terapkan!ilustrasi pria merasa frustrasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat gagal dengan hubungan sebelumnya karena pasangan pergi meninggalkanmu demi orang baru, mungkin akan muncul rasa cemas di hubungan baru dan takut pasanganmu yang sekarang melakukan hal serupa.

Itulah mengapa kamu harus berhenti mengungkit hal yang sudah lama berlalu. Jangan menyamakan pasangan yang sekarang dengan yang dulu. Lihat dia sebagai sosok baru yang sangat berbeda dan tentunya jauh lebih baik dari mantanmu itu.

Dengan menerapkan pemikiran seperti itu, kamu akan siap melangkah maju tanpa dibayangi masa lalu sehingga hubungan yang kalian jalani akan dipenuhi hal-hal yang jauh lebih berguna dan tidak lagi cekcok karena rasa curiga yang sebenarnya tidak perlu.

4. Selalu mengutamakan sikap yang hangat

5 Mindset untuk Mengurangi Sikap Posesif ke Pasangan, Terapkan!ilustrasi wanita menyuapi pasangannya (pexels.com/Jack Sparrow)

Saat pasangan berubah menjadi dingin dan cuek, kalau kamu dikuasai oleh pemikiran negatif, kamu akan mudah untuk berasumsi kalau dia sudah tidak tertarik lagi dengan hubungan ini. Padahal apa yang terlihat belum tentu adalah fakta yang sebenarnya terjadi.

Bisa saja dia sedang ditimpa masalah yang sangat rumit. Namun, di sisi lain dia merasa sendiri dan tidak berpikir untuk lebih terbuka menceritakan masalahnya karena takut kamu tidak bisa paham dan akhirnya malah menambah masalah.

Karena itulah daripada terus berprasangka, cobalah tunjukkan sikap yang hangat. Perlihatkan kalau kamu peduli sehingga dia pun akan kembali percaya dan berani menunjukkan sisi terpuruknya padamu supaya bisa kembali bangkit secara perlahan.

5. Jangan mencari jalan pintas dari masalah

5 Mindset untuk Mengurangi Sikap Posesif ke Pasangan, Terapkan!ilustrasi pasangan duduk berjauhan (pexels.com/cottonbro studio)

Sikap posesif ditambah sulit diajak berkomunikasi menjadi sumber masalah dalam hubungan. Apalagi orang yang paling posesif ini terkadang membuat pasangannya lelah karena merasa paling tersakiti dan ingin terus dimengerti.

Bahkan ada yang mengambil jalan pintas keluar dari masalah dengan mencari pasangan baru. Padahal bersama pasangan mana pun masalah akan selalu muncul. Maka dari itu, cobalah kesampingkan sikap egois bersama-sama supaya hubungan terasa lebih nyaman.

 

Itulah lima mindset yang bisa kamu ingat untuk mengurangi sikap posesif. Kendalikan rasa sayangmu supaya tidak berlebihan yang bisa mengganggu hubungan dengan pasangan. 

Baca Juga: Ini Fakta Menarik tentang Samarinda yang Wajib Kalian Tahu

Alia Azhara Photo Community Writer Alia Azhara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya