Comscore Tracker

Ini Fakta Menarik tentang Samarinda yang Wajib Kalian Tahu

Beberapa informasi yang bikian kalian kaget

Samarinda, IDN Times - Kota Samarinda merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Kota Samarinda ini cukup unik di mana kiri kanannya dibelah Sungai Mahakam yang memiliki lebar hingga 100 meter. 

Sungai ini ternyata melintasi hampir sebagian kota/kabupaten di Kaltim. Sedangkan Samarinda sendiri wilayahnya dikelilingi oleh Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). 

Bikin penasaran kan, berikut ini beberapa fakta menarik dari Kota Samarinda. Keep reading cui. 

1. Sejarah Kota Samarinda

Ini Fakta Menarik tentang Samarinda yang Wajib Kalian TahuSamarinda Seberang berniat melepaskan diri dari Samarinda dan membentuk daerah otonom baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Kota Samarinda bermula dari kedatangan orang-orang Bugis Sulawesi Selatan. Di mana ketika acara pernikahan Putra Goa dengan Putri Bone, mengadakan sabung ayam. Namun, terjadilah salahpaham yang menyebabkan perkelahian antara putra-putra Bone dan putra-putra bangsawan Wajo. Akhirnya terjadi korban tewas di pihak Putra Bone yang bernama Matolla ditangan Ma’-dukelleng. 

Tetapi, suku yang mendiami di Kota Samarinda yaitu Suku Kutai Kuno. Yang mana termasuk golongan ras Melayu Muda (Deutro Melayu) sebagai hasil percampuran ras Mongoloid, Melayu, dan Wedoid.

Hasil seni kerajinan Kota Samarinda, salah satunya batik dan juga kalung manik khas Suku Dayak.

Baca Juga: Karya Seni Batik di Kampung Maluang Berau

2. Situs sejarah Kota Samarinda

Ini Fakta Menarik tentang Samarinda yang Wajib Kalian TahuMasjid Shiratal Mustaqiem di Samarinda Seberang. Bukti masuknya Islam di Samarinda (IDN Times/Mela Hapsari)

Kota Samarinda memiliki peninggalan situs sejarah yang juga bisa menjadi destinasi wisata. Di antaranya seperti adanya Masjid Shiratul Mustaqin. Masjid ini diketahui masjid tertua yang telah berusia 130 tahun.

Masjid ini didirikan pada tahun 1881 oleh Pangeran Bendahara atau yang dikenal dengan nama Habib Abdurahman bin Muhammad Assegaff. Di dalam masjid ini menyimpan kitab Al Quran yang berusia 400 tahun lebih.

Masyarakat Samarinda dulunya melaksanakan upacara ada warisan leluhur, seperti upacara adat Beluluh. Tradisi ini adalah mantra yang mewakili harapan orang tua yang bertujuan untuk keselamatan dan kebijaksanaan sebagai manusia.

Setelah melaksanakan tradisi ini, maka dianggap kembali menjadi suci seperti bayi yang baru dilahirkan ke bumi.

Selain itu, juga pelaksanaan Upacara Dahau sebagai tradisi ketika memberikan nama anak. Upacara Dahau ini dibuat secara besar-besaran dan membutuhkan waktu yang lama dalam prosesi pelaksanaannya, yaitu berlangsung selama 1 (satu) bulan penuh. 

3. Kuliner terkenal di Samarinda

Ini Fakta Menarik tentang Samarinda yang Wajib Kalian TahuFoto nasi bekepor khas Kalimantan Timur (Instagram.com/resepnenek.smd)

Sebagai kota terkenal dengan multi etnis, Samarinda dikenal dengan pelbagai kulinernya yang terkenal khas Kalimantan. Ada banyak sekali makanan khas yang terkenal di Samarinda, di antaranya :

Nasi Bekepor
Nasi bekepor ini adalah nasi putih yang berisi ikan asin, minyak sayur dan juga ada taburan rempah-rempah. Penyajiannya bersama dengan sambal raja.

Sup Ikan Akmal
Sup ikan akmal ini berbahan dasar ikan patin dengan bumbu yang rasanya asam pedas.

Soto Banjar
Soto Banjar ini memiliki aroma rempah yang berasal dari kayu manis, cengkeh dan biji pala. Soto Banjar terdiri dari ayam yang disuwir-suwi dan dilengkapi dengan perkedel kentang, sohun rebus, telur dan daun seledri. Soto ini juga dimakan bersama ketupat. 

4. Destinasi wisata di Samarinda

Banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata ketika mengunjungi Kota Samarinda. Berikut ini beberapa tempat yang harus disinggahi ketika berada di Kota Samarinda:

Tjiu’s Palace
Lokasinya di Jl. Sultan Sulaiman No 6 Kec. Sambutan

Taman Rekreasi Lembah Hijau 
Lokasinya di Jalan Kebun Raya Lempake.

Desa Pampang
Lokasinya di Jl. Dahlia No 69 Sungai Siring.

Air Terjun Tanah Merah
Lokasinya di Jalan Muara Badak-Samarinda Tanah Merah Samarinda Utara.

Air Terjun Pinang Seribu
Lokasinya Jalan Air Terjun Sempaja Utara, Samarinda Utara.

Kampung Tenun
Lokasinya di Jl. Panglima Bendahara Samarinda Seberang,

Pelas Tahun
Lokasinya Jl. Dahlia No. 69 Sungai Siring.

Penangkaran Buaya
Lokasinya di Jl Penangkaran Buaya Makroman Kec Sambutan

Samarinda Islamic Centre
Lokasinya Jl Slamet Riyadi No1 Tlk. Lerong Ulu Sungai Kunjang.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Tiga Kafe Paling Gaul di Samarinda  

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya