Harga Cabai di Banjarmasin Melambung Tinggi, Tembus Rp150 Ribu per Kg

Kenaikan harga pokok jelang Natal dan Tahun Baru

Banjarmasin, IDN Times - Harga bahan pokok di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) dan sekitarnya melambung tinggi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023/2024. Salah satu yang paling mencolok adalah naiknya harga komoditas cabai di pasar-pasar tradisional setempat. 

Berbagai macam jenis cabai di kota ini mengalami kenaikan signifikan. 

1. Jenis cabai rawit naik lebih 100 persen

Harga Cabai di Banjarmasin Melambung Tinggi, Tembus Rp150 Ribu per KgCabe rawit di pasaran Banjarmasin.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar mengatakan, harga seluruh jenis cabai mengalami kenaikan. Perinciannya per tanggal 30 November 2023 yakni harga cabai merah besar Rp65 ribu dan cabai merah keriting Rp80 ribu per kilogram.

Demikian pun harga cabai tiung Rp90 ribu dan cabai rawit yang harga tertingginya Rp150 ribu per kilogram. Kenaikan cabai itu dari hasil pemantauan pihaknya pada belasan pasar tradisional di Banjarmasin. Kondisi kenaikan cabai itu sudah terjadi hampir satu bulan ini, alasannya karena faktor cuaca dan gagal panen.

"Pantauan kita harga cabai normalnya hanya Rp30 ribu sampai Rp60 ribu per kilogramnya. Kini harga cabai sudah menembus angka di atas Rp150 ribu per kilogram. Tentu ini berisiko menurunnya daya beli masyarakat," katanya.

Baca Juga: Warga Banjarmasin Peroleh Jatah Rp10 Ribu untuk Antisipasi Stunting

2. Harga bahan pokok naik karena siklus Natal dan Tahun Baru

Harga Cabai di Banjarmasin Melambung Tinggi, Tembus Rp150 Ribu per KgKadisperdagin Kota Banjarmasin, Ikrom Muftezar.

Tesar mengatakan, kenaikan harga komoditas bahan pokok menjadi siklus tahunan jelang Natal dan Tahun Baru di Banjarmasin. Pemerintah daerah mengantisipasi berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin. 

Tujuannya agar kenaikan harga komoditas tidak berlarut-larut di Banjarmasin. 

"Kami akan berkoordinasi mengenai bagaimana menanggulangi harga bahan pokok agar tidak melonjak tinggi," katanya.

3. Wali Kota Banjarmasin harapkan kenaikan bahan pokok tidak sebabkan inflasi

Harga Cabai di Banjarmasin Melambung Tinggi, Tembus Rp150 Ribu per KgWali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memberikan perhatian atas terjadinya kenaikan harga bahan pokok. Dia mengatakan kondisi itu diupayakan kerja sama dengan daerah lainnya, agar kenaikan saat ini tidak menyebabkan inflasi.

"Kita akan melakukan kerja sama, demi mengatasi ini. Tak hanya cabai, seperti bawang dan bahan pokok lainnya juga kita tindak," bebernya.

Tentunya upaya kerja sama itu dilakukan untuk persiapan kebutuhan bahan pokok dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru. Termasuk pula hari-hari besar lainnya. 

"Kerja sama ini tentu agar supplier berkelanjutan untuk memastikan pasokan aman, tidak terkendala distribusi dan harga terkendali," pungkasnya.

Baca Juga: Aplikasi "Dedikasi Baiman" untuk Kontrol Inflasi di Banjarmasin

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya