HUT Banjarmasin Dihibur Jukung Hias Tanglong dan Salma Idol

Jukung hias jadi agenda tahunan Banjarmasin

Banjarmasin, IDN Times - Ribuan warga Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) berjibun menyaksikan pertunjukan jukung (perahu) hias tanglong yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banjarmasin ke 497 pada Sabtu 23 September 2023 malam. 

Jukung hias tanglong adalah kegiatan hiburan masyarakat yang diperlombakan. Itu sekaligus memperkenalkan kebudayaan Banjarmasin yang berdampingan dengan sungai dan memperkenalkan pariwisata di Kota Seribu Sungai.

1. Puluhan peserta ikuti lomba jukung hias

HUT Banjarmasin Dihibur Jukung Hias Tanglong dan Salma IdolJukung hias berkepala naga oleh salah satu peserta jukung hias tanglong Banjarmasin.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarmasin Madyan mengatakan, bahwa lomba jukung hias diikuti 37 peserta yang dibagi dua kategori yakni kelotok mesin dan biasa.

Perahu bermesin ini diikuti 23 peserta, sementara perahu tak bermesin berjumlah 14 peserta.

Adapun pesertanya adalah dari masyarakat umum, perusahaan swasta, daerah, kemudian instansi di Pemkot Banjarmasin. "Ada 37 peserta jukung hias, sejak sore tadi mereka bersiap dan malam ini pertunjukannya. Mereka yang juara mendapat hadiah dengan total Rp94 juta," ucapnya.

Baca Juga: Banjarmasin Tes Urine Siswa SD dan SMP Antisipasi Kanker 

2. Salma Idol hibur Warga Banjarmasin

HUT Banjarmasin Dihibur Jukung Hias Tanglong dan Salma IdolSalma Salsabila Indonesia Idol hibur warga Banjarmasin.

Tak hanya mata pengunjung dimanjakan oleh kecantikan jukung hias. Suara merdu Salma Salsabila, Juara Indonesian Idol 2023 menambah hiburan ribuan pengunjung yang memadati kawasan Siring Banjarmasin. Banyak lagu yang dikeluarkan oleh bibir manis Salma, satu di antarnya single "Rungkad" yang dinyanyikan penyanyi Happy Asmara. 

Sesekali Salma mengajak nyanyi bersama kepada penonton dan pejabat daerah yang menyaksikan. Selain itu, pertunjukan tari tarian adat Banjar juga dijadikan tontonan warga.

3. Wali Kota Banjarmasin bangga warga masih setia dengan jukung hias

HUT Banjarmasin Dihibur Jukung Hias Tanglong dan Salma IdolWarga Banjarmasin asyik menyaksikan jukung hias dan penampilan Salsabila jebolan Indonesia Idol di Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengapresiasi acara dan bangga kepada warga kota yang masih setia menyaksikan festival jukung hias tanglong tahun 2023 dalam rangkaian HUT Kota Banjarmasin.

Ada yang berbeda dengan jukung hias tanglong tahun ini di mana penonton menikmati secara live streaming pertunjukan. 

Ibnu Sina juga menyampaikan terima kasih kepada bintang tamu, Salma yang telah menghibur warganya disela pertunjukan jukung hias. "Ini hiburan bagi warga kota dan setiap tahunnya selalu kita gelar. Kemeriahan hari jadi 497 dan intinya adalah untuk menghidupkan kearifan lokal kita," tutupnya.

Baca Juga: Ada Lima Kegiatan Religi di Momentum Hari Jadi Kota Banjarmasin

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya