Lomba Dayung Perahu Naga di Banjarmasin 

Event tahunan yang ditunggu masyarakat

Banjarmasin, IDN Times - Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar lomba dayung perahu naga memuat 6 orang di Sungai Martapura, Rabu (18/10/2023). 

Kegiatan lomba dayung mengangkat kearifan lokal masyarakat Banjarmasin yang terkenal dengan kehidupan transportasi sungai. 

1. Lomba dayung sekaligus tunjukan ciri khas Banjarmasin

Lomba Dayung Perahu Naga di Banjarmasin Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, lomba dayung perahu menjadi agenda rutin masyarakat setempat setiap tahunnya. Sekaligus memberikan wadah bagi para pendayung dan menjaga kearifan lokal budaya sungai di Banjarmasin. 

Pagelaran lomba dayung juga menjadi salah satu agenda city tour bagi peserta Indonesian Creative Cities Festival (ICCF) 2023.

Ia mensyukuri lomba dayung perahu naga memperoleh respons positif dari beberapa daerah di Kalsel. Hingga lombanya diikuti puluhan tim dayung dari berbagai daerah. 

"Semoga dengan diselenggarakannya lomba dayung kota Banjarmasin semakin dikenal dengan kekhasannya," paparnya. 

Baca Juga: Karyawan Rumah Sakit di Banjarmasin Terancam PHK

2. Lomba dayung jadi ajang tontonan warga

Lomba Dayung Perahu Naga di Banjarmasin Pagar Siring Tendean Banjarmasin dipenuhi warga yang menyaksikan lomba dayung.

Selama pantauan IDN Times di lapangan, lomba dayung menjadi tontonan warga Banjarmasin. Tak sedikit warga rela singgah untuk menyaksikan lomba dayung tersebut. Mereka berjubel memadati pagar siring pinggiran Sungai Martapura. 

Sebagian di antara penonton pun menyaksikan lomba di atas perahu kelotok. Lomba dayung menempuh rute dari Jembatan Merdeka-Jembatan Pasar Lama di Banjarmasin. 

"Mudah-mudahan bisa ditonton oleh warga Kota Banjarmasin, para pengunjung dan siapa pun yang ada sehingga eksistensi kota yang memiliki julukan Seribu Sungai melalui event yang ada bisa dipertahankan sebagai budaya yang harus dilestarikan," akhirnya.

3. Lomba dayung diikuti 79 peserta

Lomba Dayung Perahu Naga di Banjarmasin Peserta lomba dayung di Banjarmasin bersiap-siap.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin Rhoenissa mengatakan, lomba dayung diikuti 79 tim,  yakni perahu tradisional (64 tim) dan perahu naga (15 tim).

Para berasal dari pendayung di Kalsel hingga Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Cabang olahraga dayung Kalsel cukup berprestasi di mana pada SEA Games 2023 di Kamboja sukses meraih medali emas. "Untuk itu kita berharap melalui lomba dayung yang kita laksanakan bisa melahirkan bibit-bibit atlet dayung berbakat dan sangat berpotensi," tuturnya.

Salah satu tim dayung asal Banjarmasin, menargetkan bisa meraih juara utama pada kategori lomba dayung perahu naga. Mengingat sejak aktif mengikuti lomba dari tahun 2019, timnya sudah empat kali memenangkan pertandingan lomba dayung.

Baca Juga: Tiga Jalan Nasional di Banjarmasin Jadi Langganan Genangan Air

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya