Pemilih Pemula di Banjarmasin Ditargetkan Tembus 15 Ribu Orang

Banjarmasin sudah kumpulkan 9 ribu pemilih pemula

Banjarmasin, IDN Times - Pemilih pemula di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah bisa memberikan suaranya setelah merekam kartu tanda penduduk (TKP) elektronik. 

Mereka dipastikan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) saat usianya menginjak 17 tahun saat pemilu digelar pada tahun 2024 mendatang. 

1. Pemilih pemula setiap harinya merekam e-KTP

Pemilih Pemula di Banjarmasin Ditargetkan Tembus 15 Ribu OrangKadisdukcapil Kota Banjarmasin, Yusna Irawan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin Yusna Irawan menyampaikan, bahwa ada sekitar sembilan ribu lebih remaja setempat yang mengajukan pembuatan e- KTP.

Mereka memang remaja yang baru menginjak usia 17 tahun dan usia 16 tahun. Pihaknya juga telah menarget setidaknya ada 15 ribu remaja melakukan perekaman KTP.

"Ada sekitar sembilan ribuan remaja yang baru berusia 17 tahun merekam e-KTP. Setiap harinya ada saja yang datang," katanya.

Baca Juga: ASN di Banjarmasin Harus Hati-Hati saat Swafoto di Masa Pemilu

2. Layani perekaman KTP ke sekolah

Pemilih Pemula di Banjarmasin Ditargetkan Tembus 15 Ribu OrangMahasiswa baru di Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin.

Pelayanan perekaman khusus pelajar yang sudah masuk syarat membuat KTP juga dilakukan di berbagai sekolah SMA.

Disdukcapil Banjarmasin melayani pembuatan e-KTP lewat layanan mobil keliling. Nanti saat pemilu presiden (Pilpres) maupun pemilu legislatif (Pileg) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) itu tinggal diserahkan ke sekolah.

"Mendekati pemilihan umum (Pemilu) 2024 ini, perekaman dilakukan mulai dari sekolah-sekolah. Kami keliling jemput bola,” katanya.

"Kita juga mengimbau masyarakat agar dapat mengunjungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk membuat KTP.

3. Target 15 ribu sampai Februari 2024

Pemilih Pemula di Banjarmasin Ditargetkan Tembus 15 Ribu OrangAktivitas siswa SMA di Banjarmasin.

Disdukcapil Banjarmasin menargetkan kurang lebih 15 ribu pemilih pemula melakukan perekaman sampai Februari 2024. Hal itu sesuai instruksi dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Ia berharap, ketersediaan blangko KTP itu cukup dan antisipasinya sudah dikoordinasi dengan kementerian.

“Kalau sekarang ada 9 ribuan jadi masih ada sekitar 5 ribu lebih lagi lah. Insya Allah target sebelum Februari 2024 mendatang tercapai ini kita juga terus jalan melakukan perekaman di sekolah-sekolah,” tuturnya.

Baca Juga: Tiga Alasan Retribusi Parkir di Banjarmasin akan Dinaikkan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya