Comscore Tracker

Waspada! Jumlah Total Positif COVID-19 di Kaltim Mendekati 500 Kasus

Sudah ada 354 orang di Kaltim sembuh dari COVID-19

Samarinda, IDN Times - Angka virus corona atau COVID-19 di Kaltim terus bertambah. Kini jumlahnya nyaris mencapai 500 kasus. Meski demikian, pertambahan kasus ini juga diikuti pasien sembuh dari corona. Dengan demikian situasi pandemik di Bumi Etam begitu dinamis.

"Ada penambahan 17 kasus. Jadi total akumulasi kasus di Kaltim menjadi 473 orang terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Andi Muhammad Ishak, jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim dalam keterangan pers hariannya pada Kamis (25/6) petang.

1. Semua kasus positif berasal dari kategori OTG

Waspada! Jumlah Total Positif COVID-19 di Kaltim Mendekati 500 KasusIlustrasi swab test. (Dok.Kementerian BUMN)

Dari belasan kasus ini terbanyak dari Balikpapan, yakni 13 kasus. Kondisi ini membuat kasus akumulatif di Kota Beriman meroket ke angka 156. Dari kasus positif tersebut, semuanya berasal dari kategori orang tanpa gejala (OTG) dan mereka adalah pekerja dari luar Kaltim dan warga asli Balikpapan.

"Seluruh kasus baru tersebut dirawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB)," imbuhnya.

2. Tanpa gejala, remaja 13 tahun di Kutai Timur positif virus corona

Waspada! Jumlah Total Positif COVID-19 di Kaltim Mendekati 500 KasusIlustrasi swab test. (Dok.Kementerian BUMN)

Selain dari Balikpapan, kata dia, penambahan kasus juga terjadi di Kutai Barat dengan satu pasien. Berjenis kelamin pria, dengan usia 39 tahun. Punya riwayat perjaanan dari Palembang, Jakarta, dan Balikpapan. Adapula dua kasus dari Kutai Kartanegara (Kukar). Merupakan warga Jakarta Timur, pria 30 tahun, dia pekerja luar daerah yang hendak kembali kerja di Kukar. Selanjutnya ada pria 41 tahun, kategori OTG berasal dari transmisi lokal. 

"Terakhir dari Kutai Timur satu kasus. Remaja pria 13 tahun, kasus dirawat di RSUD Kudungga Sangatta," terangnya.

3. Selain kasus positif, ada 20 orang sembuh dari COVID-19

Waspada! Jumlah Total Positif COVID-19 di Kaltim Mendekati 500 Kasusilustrasi. Pasien sembuh dari COVID-19 ( ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Seiring pertambahan kasus, kata dia, ada pula pasien sembuh dari corona. Jumlahnya 20 orang. Paling banyak dari Balikpapan dengan 13 pasien, menyusul Paser dengan 4 kasus, lalu Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Timur dan Samarinda masing-masing 1 kasus. Dengan demikian ada 354 orang di Kaltim sembuh dari COVID-19. 

"Tersisa 113 kasus positif masih dalam perawatan, dikurang lagi 6 kasus telah meninggal dunia. Dan hingga saat ini, masih ada 682 sampel menunggu hasil pemeriksaan laboratorium," pungkasnya.‎

Baca Juga: Tren Pasien Positif COVID-19 Kategori OTG Makin Bertambah di Kaltim

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya