Balikpapan bakal Terapkan PPKM Skala Mikro

Pemkot tengah mempersiapkan PPKM skala mikro

Balikpapan, IDN Times – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, merencanakan pembatasan sosial berskala mikro. Wali Kota Rizal Effendi mengatakan, pihaknya masih menunggu evaluasi pelaksanaan Instruksi Gubernur Kaltim Nomor: 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Wabah Pandemi COVID-19 .

“Kami tengah membahas Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021, penerapan PPKM Skala Mikro, apakah kita akan bergeser dari Instruksi Gubernur Kaltim Nomor : 1 Tahun 2021 ke PPKM skala mikro, ini masih kita bahas, paling lambat Kamis (11/02/2021) kita akan umumkan,” ujar Rizal Effendi dalam konferensi pers, Selasa (9/2/2021).

1. Satgas bahas PPKM skala mikro

Balikpapan bakal Terapkan PPKM Skala MikroKetua Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi

Meski instruksi Mendagri tentang PPKM berskala mikro dikhususkan untuk pulau Jawa dan Bali, namun kata Rizal, aturan itu bisa diterapkan di Balikpapan.

“Saya mohon maaf, banyak masyarakat bertanya, apakah kita nanti akan melakukan PPKM skala mikro atau tetap melaksanakan Instruktsi Gubernur dengan menghentikan kegiatan masyarakat di hari sabtu dan minggu, saat ini masih kita bahas,” jelasnya

2. PPKM skala mikro berdasar perkembangan kasus COVID-19

Balikpapan bakal Terapkan PPKM Skala MikroPPKM Skala Mikro Berdasar Perkembangan 7 hari terakhir, Selasa (9/2/2021).

Kemungkinan untuk memberlakukan PPKM skala mikro, lanjut Rizal, didasari oleh perkembangan kasus COVID-19 di Balikpapan dalam tujuh hari terakhir.

“Jika zona merah maka akan dilakukan isolasi penderita positif, melacak kontak erat, melakukan pengawasan ketat, menutup rumah ibadah, menutup tempat bermain anak, dan melarang kerumunan lebih dari 3 orang," jelas dia.

Selain itu, jika PPKM berskala mikro diterapkan, Satgas akan membatasi aktivitas masyarakat pada malam hari, maksimal pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Minta Warga Hentikan Kegiatan Akhir Pekan

3. Balikpapan sudah mulai vaksinasi nakes lansia

Balikpapan bakal Terapkan PPKM Skala MikroKepala DKK Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, mulai hari ini Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan juga mulai memberikan vaksin bagi nakes berusia di atas 60 tahun. Layanan ini diberikan di fasilitas kesehatan RS Kanudjoso Djatiwibowo, RS Restu Ibu, dan Puskesmas Klandasan Ilir.

“Untuk vaksin nakes capaian Balikpapan sudah 98,12 persen, jumlah nakes di atas 60 tahun yang divaksin ada 57 orang yang berasal dari dokter umum, dokter gigi dan bidan, “ ujar dia.

Baca Juga: Balikpapan Jadwalkan Vaksinasi Nakes Lansia Februari 2021

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya