Warga Kaltim Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulawesi Barat

ASPEKSINDO serahkan uang tunai 100 juta

Balikpapan, IDN Times - Warga Kalimantan Timur yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat Balikpapan (KKMSB), Rahmad Masud Center (RMC), Bani Masud, dan tokoh mandar Balikpapan menyalurkan bantuan kepada warga korban gempa bumi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

“Bantuan kami kirim menggunakan satu helikopter, bantuan ini langsung disalurkan untuk warga Kecamatan Malunda, Sulbar,” ujar Wakil Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua KKMSB, Rahmad Masud, sebelum pemberangkatan bantuan, Sabtu (16/1/2021).

1. Bantuan dibawa langsung

Warga Kaltim Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulawesi BaratBupati Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud mengawal bantuan warga Kaltim untuk korban gempa di Sulbar, Sabtu (16/01/2021) (IDN Times/Hilmansyah)

Bantuan dikirim melalui udara menggunakan helikopter dan dikawal langsung oleh Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Masud. Bantuan yang dikirimkan berupa terpal, obat-obatan, kebutuhan anak-anak.

“Ini bentuk partisipasi kita untuk meringankan saudara kita yang terkena bencana, insya Allah hari ini kita kirim ke Sulbar dan setelah itu juga untuk warga Kalsel yang tertimpa musibah banjir,” ujar Rahmad Masud.

Menurutnya bantuan ini janganlah dilihat dari nilainya tetapi bentuk kepedulian serta partisipasi untuk membantu warga kawasan terdampak bencana yang membutuhkan.

Baca Juga: Banjir Belum Surut, Banjarmasin Kalsel Berstatus Tanggap Darurat

2. Pemkot Balikpapan sedang menyiapkan bantuan untuk korban bencana

Warga Kaltim Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulawesi BaratBantuan untuk warga di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (IDN Times/Hilmansyah)

Saat ini, lanjut Rahmad Masud, Pemkot Balikpapan juga sedang menyiapkan penggalangan dana untuk korban gempa Sulawesi Barat dan banjir Kalimantan Selatan.

“Rencananya Senin ini mau dibahas di Pemkot. Kalau ada bantuan digalakkan dari organisasi kita minta dijadikan ke satu titik pengumpulan misalnya dikumpulkan di Pemkot Balikpapan,” ungkapnya.

Rahmad Masud juga mengatakan, saat ini ada pembangunan Posko Bantuan Bencana yang lakukan Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat Balikpapan (KKMSB) dan Rahmad Masud Center (RMC) di Balikpapan.

“Bantuan yang terkumpul ini, nantinya akan kita kirimkan dengan menggunakan kapal laut, saat ini ada 20-28 truk bantuan dari Balikpapan dan PPU yang sudah siap dikirimkan, “ tegasnya.

3 ASPEKSINDO serahkan uang tunai 100 juta

Warga Kaltim Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulawesi BaratBupati PPU Abdul Gafur Masud saat mengantarkan bantuan kepada warga di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulbar (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) yang juga Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Masud menyerahkan bantuan kepada petugas penanggulangan bencana setempat untuk membantu para korban gempa.

“Melihat kondisi pengungsi yang menghuni tenda-tenda sangat memprihatinkan, tadi pagi ada gempa mudahan yang terakhir, dan warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing,”ujar Gafur.

Gafur mengatakan, masyarakat Indonesia, khususnya Kaltim mendoakan warga yang terkena musibah dan Pemerintah Sulbar dalam menghadapi bencana ini.

4. Pengungsi perlu bantuan logistik

Warga Kaltim Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulawesi BaratWarga korban gempa Mamuju - Majene mengungsi di tenda darurat (IDN Times/Hilmansyah)

Warga menyambut dan menerima bantuan dari warga Kaltim ini dengan antusias. Salah seorang pengungsi, Sabariah mengatakan, dirinya sudah tiga hari ini berada di pengungsian.

"Sudah tiga hari di tenda. Takut pulang ke rumah kalau ada gempa susulan," ujarnya. 

Ia mengaku belum ada bantuan yang diterimanya. "Pengungsi butuh bantuan makan, minuman, tenda, selimut, susu, popok bayi," kata Sabariah.

Baca Juga: Banjar dan Tanah Laut Paling Parah Terdampak Banjir di Kalsel

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya