Pemda Kapuas Hulu akan Buka 1.910 Formasi PPPK 

Calon pelamar diharapkan mempersiapkan diri

Pontianak, IDN Times - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Adji Winursito mengatakan saat ini pihaknya telah mempersiapkan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di daerah tersebut. Totalnya sebanyak 1.910 orang untuk mengisi formasi di berbagai bidang. 

"Jumlah formasi PPPK itu untuk Tahun 2023, namun kami masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI," kata Adji Winursito di Putussibau Kapuas Hulu seperti diberitakan Antara pada Kamis (24/8/2023).

1. Penuhi kebutuhan guru dan nakes yang kurang

Pemda Kapuas Hulu akan Buka 1.910 Formasi PPPK kaltimkece.id

Disampaikan Adji, jumlah formasi PPPK tersebut terdiri dari 986 tenaga pendidik (guru), 690 tenaga kesehatan dan 234 untuk tenaga teknis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

Menurut dia, penerimaan PPPK tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2023 ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis yang masih kurang.

Baca Juga: Imbas Karhutla, Pontianak Ranking 1 Paling Berpolusi di Indonesia

2. Persiapkan diri

Pemda Kapuas Hulu akan Buka 1.910 Formasi PPPK ilustrasi berkas-berkas (Unsplash.com/Cytonn Photography)

Meskipun demikian, berdasarkan data Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) Dinas kesehatan maupun Data pokok pendidikan (Dapodik) Dinas pendidikan, tenaga kontrak teknis yang sekarang kekurangan formasi tidak terlalu banyak, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia berharap agar tenaga kontrak yang ingin mengikuti seleksi penerimaan PPPK mempersiapkan diri. Mulai dari berkas hingga tahapan seleksi lainnya.

3. Banyak tak lolos seleksi tahun 2022

Pemda Kapuas Hulu akan Buka 1.910 Formasi PPPK Ilustrasi seleksi PPPK (IDN Times/Musthofa Aldo)

Hal tersebut disampaikannya, karena pada formasi Tahun 2022 lalu formasi sebanyak 2.100 orang tidak terpenuhi, dikarenakan banyak peserta seleksi yang tidak memenuhi persyaratan dan dinyatakan tidak lolos.

"Tahun lalu yang lolos hanya kurang lebih 400 orang saja, artinya perlu persiapan bagi peserta yang akan mengikuti seleksi penerimaan PPPK tahun ini," pesan Adji.

Baca Juga: PDAM Pontianak Siapkan Investasi Rp100 Miliar untuk Tingkatkan Layanan

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya