Alasan Bupati Sanggau, Paolus Hadi Mengundurkan Diri: Mau Nyaleg

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengundurkan diri dari jabatan

Pontianak, IDN Times - Paolus Hadi mengundurkan diri sebagai Bupati Sanggau, hal tersebut ditetapkan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sanggau Kalimantan Barat (Kalbar), pada Senin (11/9/2023).

Ketua DPRD Sanggau, Jumadi menyayangkan upaya pengunduran diri dari Bupati Sanggau tersebut. Dia berharap agar masih ada sosok seperti Paolus Hari yang dapat menggantikannya.

“Kita masih memerlukan pemimpin sosok seperti Paolus Hadi ini,” kata Jumadi kepada awak media, Selasa (12/9/2023).

1. Alasan Bupati Sanggau mundur karena mau nyaleg

Alasan Bupati Sanggau, Paolus Hadi Mengundurkan Diri: Mau NyalegBupati Sanggau, Paolus Hadi saat berinteraksi dengan warga. (IDN Times/Istimewa).

Paolus Hadi mengundurkan diri sebagai Bupati Sanggau 2 periode tersebut ternyata dia sudah terdaftar sebagai calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Dia maju sebagai caleg melalui PDIP.

  1. Dia maju di daerah pemilihan Kalbar 2, yang meliputi Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Baca Juga: Alami Perubahan Kontrak Sepihak, Mitra J&T Kalbar Rugi Rp2,5 Miliar

2. Proses pengunduran diri akan diajukan ke Mendagri

Alasan Bupati Sanggau, Paolus Hadi Mengundurkan Diri: Mau NyalegBupati Sanggau, Paolus Hadi. (IDN Times/Istimewa).

Dalam aturan, saat menyalonkan diri sebagai caleg, orang tersebut memang harus meninggalkan jabatan publik, termasuk kepala daerah.

Proses pengunduran diri Paolus Hadi ini pun sudah dipersiapkan, proses pengunduran diri melalui rapat paripurna ini nantinya akan diajukan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Kalimantan Barat.

3. DPRD Sanggau keberatan Paolus Hadi mundur jadi bupati

Alasan Bupati Sanggau, Paolus Hadi Mengundurkan Diri: Mau NyalegBupati Sanggau, Paolus Hadi hadiri rapat paripurna dengan DPRD Sanggau. (IDN Times/Istimewa).

Saat ditemui awak media, Ketua DPRD Sanggau, Jumadi mengungkapkan bahwa sebenarnya dia keberatan jika Paolus Hadi mengundurkan diri sebagai Bupati Sanggau.

Namun niat tersebut sudah bulat, sehingga apapun yang dilakukan oleh Paolus Hadi ini diharapkan dapat menjadi pilihan yang terbaik untuknya.

“Sebenarnya kita masih memerlukan sosok kepemimpinan seperti beliau,” ucap Jumadi.

Baca Juga: Kendalikan Kenaikan Harga, Bulog Kalbar Salurkan 10 Ribu Ton Beras

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya