Berkunjung ke Pontianak, Mahfud MD Silaturahmi dengan Warga Tionghoa

Mahfud optimis dapat dukungan dari kelompok Hakka Kalbar

Pontianak, IDN Times - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD bertandang ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) untuk bersilahturahmi dengan sejumlah tokoh, serta masyarakat Tionghoa pada Sabtu (25/11/2023).

Dalam kunjungannya tersebut dia disambut oleh sejumlah tokoh nasional asal Kalbar, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) didampingi sang istri, Serviati Oesman.

“Saya silaturahmi ke masyarakat Pontianak, dan ketemu dengan acara korporasi, bukan kampanye tapi aspirasi masyarakat kita dengar, seperti anda tahu tidak ada kampanye dari saya,” kata Mahfud kepada awak media

1. Mahfud klaim sebagai bentuk silaturahmi dengan warga Pontianak

Berkunjung ke Pontianak, Mahfud MD Silaturahmi dengan Warga TionghoaKegiatan tersebut dihadiri oleh kelompok Hakka Kalbar. (IDN Times/Istimewa).

Pada kesempatan itu, dia mengatakan bahwa kunjungannya ke Pontianak adalah untuk bersilahturahmi kepada sejumlah tokoh Tionghoa, atau kelompok Hakka Kalbar.

Mahfud juga dijadwalkan besok pagi akan mengikuti jalan santai bersama Oso.

“Saya sendiri hanya kampanye politik tingkat tinggi yaitu kebersatuan, kerukunan, kalau itu kampanye politik setiap waktu bukan hanya di musim pemilu yaitu berkampanye bahwa Indonesia negara kesatuan yang menyatukan berbagai perbedaan di suatu payung namanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu boleh dikampanyekan, di mana pun, masjid, sekolah, di lapangan boleh orang berkampanye tentang NKRI,” kata Mahfud.

Baca Juga: Protes Fasilitas Penginapan, Rombongan HMI Sulawesi Ricuh di Pontianak

2. Mahfud ingatkan persatuan dan kesatuan bangsa

Berkunjung ke Pontianak, Mahfud MD Silaturahmi dengan Warga TionghoaMahfud MD dan Oso menghadiri kelompok Tionghoa di Kalbar. (IDN Times/Istimewa).

Mahfud juga mengingatkan bahwa warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, di mana pun dan kapan pun. Selain itu, nilai-nilai ideologi Pancasila juga harus dijunjung.

“Kalau kampanye elektoral pemilihan calon partai, dan sebagainya, ada tempat dan waktunya. Jadi saya tadi kampanye politik tingkat tinggi, yaitu kita harus bersatu kapan pun, ada Pemilu atau tidak kita adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diikat oleh nilai-nilai Keindonesiaan dengan satu ideologi, yaitu ideologi Pancasila,” ungkapnya.

3. Mahfud optimis kelompok Hakka Pontianak terus mendukungnya

Berkunjung ke Pontianak, Mahfud MD Silaturahmi dengan Warga TionghoaMahfud MD juga bertemu dengan tokoh-tokoh nasional asal Kalbar. (IDN Times/Istimewa).

Saat ditanya soal dukungan, Mahfud mengatakan dirinya tentu mencari dukungan kepada siapa pun dan kapan pun. Dia selalu bersyukur bahwa dukungan tersebut merupakan amanat sebagai pengikat batin, dan dia lahir dari jiwa dukungan itu.

“Sangat optimis karena di seluruh Indonesia kami mendapat suara-suara yang sama, dukungan yang sama, artinya optimisme itu direfleksikan juga dari dukungan-dukungan yang hari ini lahir dari Pontianak yaitu dari Hakka, kemudian di tempat lain, televisi, berbagai komunitas, kita bisa lihat setiap hari ada, karena Indonesia menghendaki perbaikan di masa depan,” ucapnya.

Saat ditanya terkait kampanye perdana pada pasangan calon presiden nomor urut 3 itu, Mahfud mengatakan, perencanaan kegiatan kampanye itu masih disusun.

“(Kampanye) masih disusun sekarang, nanti akan diumumkan. Kalau besok saya ikut jalan santai, saya datang ke sini untuk jalan-jalan sama Pak Oso,” tukasnya.

Baca Juga: SMK 3 Pontianak Hasilan Empat Motif Batik Khas Kalbar yang Dipatenkan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya