Gibran Habiskan Rp7 Juta untuk Borong Produk UMKM Pontianak

Gibran beli tas dari kulit kayu kapuak Kalbar

Pontianak, IDN Times - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka borong produk UMKM yang dipajang pada agenda "Gibran Mendengar" di Aming Coffeee Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar), pada Minggu malam (17/12/2023).

Saat sampai di lokasi, Gibran mengunjungi booth UMKM lokal dan melihat-lihat sejumlah produk yang dipanjang. Sebelumnya, saat kunjugan ke Singkawang, Gibran juga sempat bertemu dengan para pelaku UMKM setempat.

Gibran juga mengatakan agar UMKM di Kalbar ini harus dibina, bahkan bisa dibuatkan inkubasi agar ekonomi kreatif di sana terus berkembang.

“Biar bisa dikawal dari A sampai Z. Produknya, kemasannya, digital marketingnya, brandingnya. Nanti bisa dicarikan off takernya,” sebut Gibran.

1. Gibran sempat kaget harga produk UMKM Pontianak mahal

Gibran Habiskan Rp7 Juta untuk Borong Produk UMKM PontianakPara pelaku UMKM Pontianak pajang produknya dalam agenda ‘Gibran Mendengar’. (IDN Times/Teri).

Saat mengunjungi booth UMKM Pontianak, Gibran tampak kaget saat melihat harga dari sejumlah produk. Karena produk seperti tas yang dibuat dari bahan-bahan alam dijual dengan harga ratusan sampai jutaan rupiah.

“Awalnya Mas Gibran kaget lihat harganya, mahal. Tapi setelah dilihat-lihat kualitasnya dia baru tahu dan sesuai dengan kualitas,” sebut Maynoviza, salah satu pengrajin saat diwawancarai.

Walaupun sempat kaget, Gibran lanjut memborong sejumlah produk UMKM tersebut. Dia melihat-lihat produk UMKM yang ternyata dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas dan alami.

Baca Juga: Gibran Blusukan ke Pontianak, Bagikan Buku hingga Beli Kue Tionghoa

2. Gibran belanja Rp7 juta untuk borong produk UMKM Pontianak

Gibran Habiskan Rp7 Juta untuk Borong Produk UMKM PontianakSejumlah produk UMKM Kalbar yang dipamerkan. (IDN Times/Teri).

Setelah menyukai kualitas dari produk-produk tersebut, Gibran langsung memilih-milih produk yang ingin dia beli. Gibran memborong sejumlah produk mulai dari tas, kalung, outer hingga kain songket Sambas.

“Total belanja Gibran ada sekitar Rp7 juta an, belanja tas, kalung, outer, dan kain tenun sambas,” kata Maynoviza.

Gibran membeli tas yang berbahan dasar dari kulit kayu kapuak, lalu tas yang dibuat dengan rajutan kain khas Kalbar dan dipadukan dengan bahan lokal seperti rotan.

Cawapres nomor urut 2 ini juga membeli aksesoris seperti kalung yang terbuat dari batu alam, outer etnik yang dipadukan dengan tenun lokal Kalbar. Serta kain songket khas Sambas.

3. Pelaku UMKM Pontianak minta bantu dari segi pemasaran

Gibran Habiskan Rp7 Juta untuk Borong Produk UMKM PontianakPelaku UMKM lokal harap terus dibina, terutama pada bidang pemasaran. (IDN Times/Teri).

Para pekaku UMKM Pontianak ini merasa bangga karena sejumlah produk dagangannya laris diborong Gibran. Mereka juga berterima kasih karena sudah diikutsertakan dalam kegiatan tersebut.

“Mas Gibran bisa lihat ini loh produk lokal khas di Kalbar dan kita pengrajin yang termasuk binaan Kota Pontianak. Mas Gibran bilang kualitas barangnya bagus,“ ungkap Maynoviza.

Dalam kesempatan ini, mereka berharap agar para pelaku UMKM di Pontianak atau Kalbar dapat lebih dibina, terutama pada sisi pemasaran produknya.

“Siapa pun presidennya ke depan kita harap dapat difasilitasi UMKM-nya, diberikan wadah untuk berkembang lagi, selama ini sudah banyak difasilitasi oleh pemerintah untuk memajukan UMKM. Harapannya lebih berkembang lagi, terutama di pemasaran produk kita lah,” tukasnya.

Baca Juga: Dalih Kocak Pengunjung THM di Pontianak saat Terjaring Razia Narkoba

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya