Harrison Azroi Ditetapkan Jadi Penjabat Gubernur Kalimantan Barat

Sutarmidji: tunggu info resmi

Pontianak, IDN Times - Warga Kalimantan Barat saat ini dihebohkan dengan pemberitahuan penunjukan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson Azroi. Meski Surat Keputusan (SK) penunjukan PJ Gubernur Kalbar belum keluar, namun nama Harisson dipastikan masuk pada 9 nama penjabat kepala daerah yang diputuskan oleh Pemerintah Pusat melalui sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

Sejumlah ucapan selamat kepada Harisson yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kalbar tersebar di media sosial sejak Jumat pagi, (1/9/2023). Saat dikonfirmasi, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengatakan belum ada informasi resmi atau SK Pj Gubernur Kalbar.

Sebelumnya, ada tiga nama yang menjadi usulan DPRD Kalbar, yakni Heru Istyono yang saat ini diketahui merupakan Agen Intelijen Ahli Utama Deputi Bidang Intelijen Ekonomi di Badan Intelijen Negara (BIN). Kemudian ada nama Harisson yang saat ini merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, dan Mayjen TNI Sulaiman Agusto, mantan Pangdam XII/Tanjungpura yang saat ini menduduki jabatan baru sebagai Pa Sahli Tingkat III Kasad Bidang Ekkudag.

1. Belum ada info resmi

Harrison Azroi Ditetapkan Jadi Penjabat Gubernur Kalimantan BaratGubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. (IDN Times/Istimewa).

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyebutkan belum ada informasi resmi dari Kemendagri soal penunjukan Pj Gubernur Kalbar. Dia hanya mengatakan bahwa informasi pelantikan akan dilakukan pada 5 September 2023 mendatang.

“Belum ada informasi resmi, keputusannya tunggu SK dan tunggu dilantik, pelantikannya itu tanggal 5 atau 6 September. DPRD Kalbar meminta Kemendagri mengusulkan, keputusannya kan di Presiden, saya gak tahu (Pj Gubernur terpilih),” jelas Sutarmidji.

Baca Juga: Serap Tenaga Kerja yang Tinggi, UPB Pontianak Buka Prodi Fisioterapi

2. DPRD Kalbar juga masih tunggu keputusan resmi

Harrison Azroi Ditetapkan Jadi Penjabat Gubernur Kalimantan BaratKetua DPRD Provinsi Kalbar, M. Kebing L. (IDN Times/Istimewa).

DPRD Kalimantan Barat masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat terkait Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar. Hal ini menanggapi adanya kabar bahwa Sekda Kalbar, Harisson ditunjuk sebagai Pj Gubernur Kalbar.

“Kita belum dapat informasi resmi (surat resmi),” ujar Ketua DPRD Kalimantan Barat, M Kebing L.

Kabar terpilihnya Harisson sebagai Pj Gubernur Kalbar sudah beredar di media sosial. Bahkan, beberapa instansi telah membuat ucapan selamat kepada Harisson.

“Itu kan cuma ucapan,” kata Kebing.

Dia menegaskan, bahwa pihaknya tetap menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat terkait penunjukan Pj Gubernur Kalbar.

“Kalau memang Harisson, kita terima, kan itu maunya orang sana (pemerintah pusat), yang pasti usulan nama juga sudah kita berikan. Kita harus pakai info resmi,” tegasnya.

3. Sudah heboh beredar ucapan selamat kepada Harisson

Harrison Azroi Ditetapkan Jadi Penjabat Gubernur Kalimantan BaratSekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson. (IDN Times/Istimewa).

Sejak Jumat pagi, (1/9/2023) beredar di berbagai media sosial soal ucapan selamat atas terpilih dan dilantiknya Sekretaris Daerah Kalbar, Harisson sebagai Pj Gubernur Kalbar.

Hal tersebut sentar diberitakan meski saat ini Gubernur Kalbar dan DPRD Kalbar masih menunggu informasi resmi atau Surat Keputusan dari Kemendagri.

Diketahui bahwa Keputusan nama-nama pj gubernur diambil dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk menggantikan para gubernur yang habis masa jabatannya. 

Selain Harisson, nama-nama pj gubernur yang telah diputuskan Jokowi itu adalah Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pj Gubernur Sumatera Utara Hasanudin, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun, Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake, Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat Lalu Gita Ariadi, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi, dan Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bachtiar Baharuddin.

Baca Juga: Protes Kebakaran Hutan, Seniman Pontianak Melukis dengan Jelaga

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya