Viral Video Anies Diduga Dipukul Pria di Pontianak, TKD Klarifikasi

Kapten Tim Kampanye Daerah Kalbar klarifikasi insiden itu

Pontianak, IDN Times - Viral video calon presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan diduga dipukul oleh pria saat berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Rabu (28/12/2023).

Sebelumnya, Anies melakukan safari politik ke Pontianak dengan menghadiri sejumlah agenda, pada Selasa (26/12/2023). Video tersebut tersebut tersebar di media sosial X.

1. Pria diduga pukul Anies saat di Pontianak

Viral Video Anies Diduga Dipukul Pria di Pontianak, TKD KlarifikasiCapres Anies Baswedan ketika di program Desak Anies Pontianak pada 26 Desember 2023. (Dokumentasi tim media AMIN)

Dari video tersebut, seorang pria yang menggunakan topi dan kaus berwarna putih, atribut AMIN diduga memukul bagian pipi Anies saat di Pontianak.

Respons Anies setelah itu dia hanya tersenyum dan lanjut berjalan. Diduga kejadian itu terjadi di Aming Coffee Pontianak, pada agenda "Desak Anies", saat itu memang warga dan mahasiswa tampak padat dan membludak.

Baca Juga: Kapolres Pontianak Sebut Sehari Ada 3-4 Sepeda Motor yang Dicuri

2. Kapten TKD Anies-Muhaimin Kalbar klarifiksi

Viral Video Anies Diduga Dipukul Pria di Pontianak, TKD KlarifikasiKapten Tim Kampanye Daerah (TKD) Anies-Muhaimin, Syarif Abdullah Alkadrie. (IDN Times/Istimewa).

Menanggapi hal tersebut, Kapten Tim Kampanye Daerah (TKD) Anies-Muhaimin Syarif Abdullah Alkadrie membantah dan langsung mengklarifikasi kejadian tersebut.

“Saya harus mengklarifikasi dan meluruskan terkait berita di media sosial, yang mengatakan saat kunjungan capres nomor urut 01, Pak Anies Baswedan ke Kalbar saat ada acara Desak Anies, itu ada insiden di mana di dalam gambar itu seolah-olah ada pemukulan atau mendorong,” jelasnya, Jumat (29/12/2023).

Dia membantah kalau Anies sengaja dipukul oleh seorang pria yang diduga pendukungnya. Menurut Abdullah, narasi yang dibangun oleh pembuat video yang viral tersebut salah dan tidak benar.

Timnya telah meneliti dan memeriksa video tersebut, sehingga disimpulkan insiden tersebut terjadi tanpa disengaja.

“Tapi sebenarnya itu nggak, setelah kita lihat narasinya, setelah kita pelankan video dan saya mendampingi di situ, di belakangnya, tidak ada itu,” tegas Abdullah.

3. Abdullah bilang itu bentuk kekaguman

Viral Video Anies Diduga Dipukul Pria di Pontianak, TKD KlarifikasiCapres nomor urut 1, Anies Baswedan mengunjungi Pasar Flamboyan. (IDN Times/Teri).

Insiden tersebut, kata Abdullah murni terjadi karena tidak sengaja. Karena saat itu di lokasi tampak penuh dan berdesak-desakan. Banyak warga yang rela datang untuk bertemu Anies.

Abdullah bilang, hal tersebut refleks terjadi pada pendukung Anies yang antusias dan kagum menyambut kedatangan calon presiden yang mereka pilih saat berkampanye di salah satu lokasi dan agenda politik di Kota Pontianak.

“Itu ternyata mereka antusias. Apalagi mereka itu pakai atribut Amin, orang tua lagi. Mereka itu antusias kepingin untuk salaman atau memegang badannya itu,” terangnya.

Terlebih kata Abdullah, wajah capres Anies tampak tersenyum pascainsiden tersebut. Itu menandakan sebagai kode penghormatan dan sapaan akrab Anies Baswedan terhadap para masyarakat serta pendukung dan simpatisannya tersebut.

“Ini saya kira tak ada benarnya itu video dan dengan narasi yang dikembangkan di medsos itu,” lanjut Abdullah.

Pada kesempatan itu, dia juga membantah terkait isu simpang siur dan tuduhan-tudahan di media sosial soal adanya penangkapan. Pasalnya, kegiatan tersebut berjalan kondusif meski dipadati oleh massa pendukung Anies yang dikawal ketat oleh aparat keamanan.

“Termasuk isu penangkapan tidak ada. Kita TKD dijaga oleh intel kepolisian. Sudah lihat apa yang terjadi sebenarnya dan tidak ada apa-apa. Cuma melihat narasi itu video dipercepat seolah-seolah semacam ada pemukulan atau mendorong. Saya kira itu tidak benar. Karena saya saksikan dan bisa pertanggungjawabkan itu,” tukasnya.

Baca Juga: Kenaikan Harga Sembako, Ini Kata Pedagang di Flamboyan Pontianak

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya