TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

254 Sekolah di Balikpapan Pakai Platform Digital dalam Belajar

Tansformasi pendidikan melalui penggunaan platform digital

Platform Kelas Pintar bentuk peranan teknologi dalam pendidikan. (Istimewa)

Balikpapan, IDN Times - Perkembangan teknologi kian maju, termasuk di bidang pendidikan. Berbagai platform untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar pun bermunculan. Di antaranya platform Kelas Pintar yang kini jadi solusi belajar daring.  

Platform semacam ini didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik. Saat ini 254 sekolah di Kota Balikpapan telah menggunakan platform ini dan membantu penyelenggaraan Ujian Kompetensi dan Ujian Sekolah pada jenjang SD dan SMP. 

"Kami berupaya memperluas jangkauan Kelas Pintar, setelah sebelumnya, kami telah hadir di Jawa, Bali, dan beberapa wilayah di Sumatera. Kini kami hadir di Balikpapan," ungkap Founder dan CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie. 

1. Berharap bisa jangkau seluruh Kalimantan hingga se-Indonesia

Implementasi pendidikan berbasis teknologi menjadi alasan dibangunnya platform ini. Kerjasama Kelas Pintar dengan sekolah-sekolah di kota Balikpapan sudah terjalin sejak Januari 2024.

"Platform ini telah digunakan oleh lebih dari 24 ribu pelajar di Kota Balikpapan. Tersebar dari jenjang pendidikan SD, SMP, MI, hingga MTs," unngap Fernando. 

Ia melanjutkan, pihaknya berkomitmen untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Yang mana tiap sekolah di seluruh wilayah dapat mengimplementasikan teknologi kegiatan belajar mengajar.

"Kami berharap kelas pintar bisa terus berinovasi dan berkembang. Hingga nanti tidak hanya hadir di Balikpapan, tapi juga seluruh Kalimantan maupun wilayah di Indonesia lainnya," harapnya. 

Baca Juga: Fasilitas Rumah Singgah di Balikpapan Minim sebagai Beranda IKN

2. Transformasi pendidikan menuju sekolah berbasis teknologi

Ditambahkan Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Irvan Taufik, ada 4 komponen penting dalam dunia pendidikan. Meliputi murid, guru, sekolah dan orang tua. Maka 4 komponen Ini mesti terkoneksi dengan baik, agar dunia pendidikan bisa semakin maju dan berkembang. 

"Saya sadar bahwa teknologi berperan sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan, termasuk di kota Balikpapan. Kami di sini sangat terbantu dengan solusi pendidikan berbasis teknologi dan kelas pintar," tuturnya. 

Berita Terkini Lainnya