TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Air Minim, Petugas Gunakan Detergen Padamkan Karhutla di Kalsel

Campuran detergen dengan air diyakini mampu dinginkan lahan

Satuan Tugas Kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Manggala Agni sedang berjibaku dikepungan asap untuk memadamkan kebakaran lahan (Antara/Tumpal Andani Aritonang)

Banjarmasin, IDN Times - Tim Satuan Tugas Kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Kalimantan Selatan, Manggala Agni menggunakan air campur detergen untuk memadamkan api. Ini dilakukan akibat keterbatasan air untuk memadamkan titik api yang menghanguskan puluhan hektare lahan di Desa Liang Anggang, Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut.

Hingga pukul 17.45 Wita, peristiwa karhutla melahap dua wilayah yang berjarak sekitar tiga kilometer. “Kita memutuskan memadamkan titik api yang lebih dekat permukiman penduduk,” kata Satgas Karhutla Manggala Agni Kabupaten Tanah Laut, Pamlan, seperti dikutip dari Antara pada Kamis (3/8/2023).

Baca Juga: Perumda Air Minum Penajam Beri Diskon Bagi Pelanggan, Cek Syaratnya!

1. Titik api cukup banyak

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Pamlan menyebutkan petugas udara menerima informasi awal karhutla pada pukul 10.00 Wita dengan kondisi titik kebakaran cukup banyak, sehingga Satgas sempat mengalami kendala terkait wilayah utama yang harus dipadamkan. 

“Satgas karhutla silih berganti untuk menanggulangi kobaran api sejak pagi hari tadi,” ucapnya.

Dia menuturkan upaya pemadaman mendekati permukiman mengalami kendala keterbatasan titik air di lokasi kejadian. Sehingga tim memutuskan menggunakan detergen dicampur dengan air mempercepat pemadaman titik api yang meluas.

2. Campuran detergen dan air

ilustrasi detergen (pexels.com/shvetsa)

Menurut Pamlan, campuran detergen dan air mampu mendinginkan lahan sehingga keadaan panas api dapat berkurang secara cepat akibat kandungan zat kimia pada bubuk detergen tersebut.

Ia mengungkapkan kendala secara umum penangan karhutla antara lain akses jalan, sehingga petugas kesulitan menjangkau lokasi kejadian akibat peristiwa kebakaran berada di pedalaman yang cukup bahaya dilalui jalur darat.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Mempermudah dalam Pengurusan Syarat Usaha

Verified Writer

Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya