Comscore Tracker

Unik, TPS 002 di Balikpapan Usung Tema Tenaga Medis

Pakai jas putih dan stetoskop ala dokter

Balikpapan, IDN Times - Ada yang unik, nih. Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 002 Mekar Sari, Balikpapan Tengah, menggunakan pakaian medis. Yakni jas putih lengkap dengan stetoskop dan APD.

Suci, Ketua KPPS yang juga mencanangkan ide ini, mengatakan, bahwa dirinya mengambil tema ini sebagai penghormatan kepada para tenaga kesehatan yang sedang berjuang di tengah pandemi COVID-19.

"Apresiasi buat para tenaga kesehatan agar lebih semangat," ujarnya, Rabu (9/12/2020) saat ditemui di TPS 002 Mekar Sari.

1. Teringat sang anak yang menempuh pendidikan kesehatan

Unik, TPS 002 di Balikpapan Usung Tema Tenaga MedisSuasana pemilihan kepala daerah (Pilkada) di (TPS) 002 Mekar Sari, Balikpapan Tengah/ IDN Times/ Anjas Pratama

Untuk tampil berbeda, awalnya Suci bersama rekan-rekannya memilih menggunakan pakaian pramuka. Namun, karena merasa pakaian tersebut terlihat seperti menyewa, akhirnya mereka urungkan.

Terpikir sang anak menempuh pendidikan kesehatan di kampus Poltekkes Kemenkes Kaltim, Balikpapan, akhirnya ia ajukan kembali kepada rekan-rekannya. Dan mereka setuju.

"Kebetulan anak saya perawat, jasnya putih jadi saya pinjam tujuh pasang sama stetoskopnya," ucap dia.

Baca Juga: Calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud Nyoblos di TPS 4 Batu Arang

2. Warga yang datang apresiasi ide anggota KPPS

Unik, TPS 002 di Balikpapan Usung Tema Tenaga MedisAkbar, warga Mekar Sari Balikpapan saat ditemui usai pencoblosan, Rabu (9/12/2020) (IDN Times/ Anjas Pratama)

Akbar, warga Mekar Sari yang menjadi pemilih dalam pilkada ini, mengaku bangga dengan adanya tampilan berbeda di TPS sekitaran wilayah tempat tinggalnya. Selain unik, justru bisa menjadi pengingat juga bagi masyarakat bahwa kondisi saat ini pandemik COVID-19.

Dirinya turut mengapresiasi ide dari para anggota KPPS yang menurutnya sangat kreatif.

"Kreatif, turut mengapreasi ya," ucapnya.

Sementara itu, menanggapi pencoblosan di masa pandemi ini, Akbar mengatakan yang terpenting masyarakat tetap menjalankannya sesuai protokol kesehatan.

3. Sudah ada 80 persen pemilih

Unik, TPS 002 di Balikpapan Usung Tema Tenaga MedisSuasana pemilihan kepala daerah (Pilkada) di (TPS) 002 Mekar Sari, Balikpapan Tengah/ IDN Times/ Anjas Pratama

Sejauh ini, dari pantauan Lurah Mekar Sari, Mustamin, di beberapa TPS di kawasan Mekar Sari, pemilih di TPS 002 sudah mencapai 80 persen. Tak hanya itu, dengan adanya konsep tenaga medis juga, menurutnya akan memotivasi para pemilih untuk datang ke lokasi pemilihan.

"Sudah baik, masyarakat yang datang tidak berkerumun, bahkan pemilih yang datang sudah 80 persen," katanya.

Lanjut dia, selama proses pemilihan berjalan aman dan penerapan protokol kesehatan juga berjalan sesuai yang direncanakan. Karena para pemilih yang datang mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh anggota KPPS.

Baca Juga: Duh! Pilkada Samarinda dalam Bayang-Bayang Kelompok Golongan Putih 

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya