10 Pasien COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan Sembuh

Total suspek COVID-19 mencapai 1.691 kasus

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan hari ini ada terjadi penambahan pasien sembuh dari COVID-19 di PPU.

"Hari ini ada 10 orang pasien terkonfirmasi positif warga PPU dinyatakan sembuh atau selesai isolasi," kata Grace kepada IDN Times, Jumat (8/1/2021) di Penajam.

1. Pasien sembuh berasal dari empat kecamatan se- PPU

10 Pasien COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan SembuhIlustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Ke 10 pasien sembuh tersebut, lanjut Grace, berasal dari empat kecamatan se-PPU, terbanyak dari Kecamatan Penajam. Mereka sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit, ada pula yang melakukan isolasi mandiri, serta sebagian ditempatkan di lokasi karantina terpadu Rusunawa Penajam.

"Pasien-pasien sembuh tersebut yakni PPU 321 warga Desa Labangka Barat, Kecamatan Babulu, PPU 322 tinggal di Kelurahan Waru Kecamatan Waru, PPU 323warga Desa Gunung Makmur, Kecamatan Babulu, PPU 324 alamat Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam,” sebutnya.

Lalu lanjutnya, PPU 328 warga Desa Telemow, Kecamatan Sepaku, PPU 330 warga Kelurahan Tengin Baru, Kecamatan Sepaku  PPU 331 warga Desa Semoi Dua, Sepaku, PPU 383 alamat Kelurahan Maridan, Sepaku, PPU 303 tinggal di  Kelurahan Gersik, Penajam dan terakhir PPU 304 warga Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam.

2. Dua orang pasien baru COVID-19

10 Pasien COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan SembuhIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

“Selain ada 10 orang warga PPU yang dinyatakan sembuh, hari ini juga terdapat dua pasien terkonfirmasi positif COVID-19, dan hasilnya baru diketahui sekarang,” ujar Grace.

Kedua pasien baru, jelas Grace, diberi kode PPU 401, laki-laki usia 22, warga Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu dan PPU 402, laki-laki (25), warga Desa Sidorejo, Kecamatan Penajam. Hingga kini pihaknya masih proses melacak riwayat kontak erat dua pasien tersebut.

Baca Juga: Lagi, Keluarga Bawa Pulang Jenazah Pasien Suspek COVID-19 di PPU

3. Situasi terkini kasus COVID-19 di PPU

10 Pasien COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan SembuhInfografis COVID-19 PPU (Dok. Satgas COVID-19 PPU)

Penambahan 10 pasien baru hari ini membuat jumlah akumulatif orang terpapar COVID-19 di PPU mencapai 402. Rinciannya, 83 orang masih status positif, 16 pasien meninggal dengan swab positif, serta 303 orang sembuh.

“Dengan total kesembuhan mencapai 303 pasien maka angka kesembuhan di PPU hingga hari ini mencapai 75,37 persen. Sedangkan pasien berstatus positif terus mengalami penurunan menjadi 83 orang di mana kemarin pada posisi angka 92 atau berkurang 10 orang,” katanya.

Sementara itu, ungkap Grace, hari ini terdapat penambahan sembilan kasus suspek COVID-19, sehingga total keseluruhan suspek  mencapai 1.691 kasus. Di mana ada 23 suspek jalani isolasi mandiri, 18 orang dirawat di rumah sakit dan suspek meninggal dengan komorbid swab negatif mencapai sembilan kasus.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk dan bersin, tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan atau menghadirkan banyak orang dan membatasi aktivitas,” pungkasnya.

Baca Juga: Tambah 7 Kasus Positif COVID-19 di PPU, 2 Diantaranya Nakes RSUD PPU

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya