Amankan Ibadah Natal, Polres Penajam Paser Utara Sterilisasi Gereja

Libatkan seluruh ormas di PPU

Penajam, IDN Times - Kapolres Penajam Paser Utara (PPU) AKBP M. Dharma Nugraha menegaskan, guna memberikan kenyamanan umat nasrani yang melaksanakan ibadah natal di gereja - gereja pada Selasa (24/12) dan Rabu (25/12) besok, pihaknya melakukan sterilisasi gereja.

"Sterilisasi dalam dan luar rumah ibadah tersebut sudah protap yang harus kami lakukan. Selain rumah ibadahnya kami juga melakukan pengecekan kepada orang - orang yang akan melaksanakan ibadah atau masuk gereja," kata Dharma kepada IDN Times Selasa (24/12) di sela - sela peninjauan pos pelayanan Operasi Lilin Mahakam 2019.        

Sebelumnya, ia telah melaksanakan rapat untuk membahas teknis terkait pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan pergantian tahun 2020 kepada seluruh jajaran Polres PPU.

1. Malam ini digelar patroli skala besar

Amankan Ibadah Natal, Polres Penajam Paser Utara Sterilisasi GerejaKapolres PPU AKBP M. Dharma Nugraha beserta jajarannya saat meninjau kesiapan personel Pos Terpadu Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 yang berada di Pelabuhan Ferry Penajam (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Malam ini (24/12), pihaknya akan menggelar patroli skala besar dengan melibatkan personel gabungan, setelah melaksanakan apel kesiapan pengamanan Natal dan tahun baru 2019.

"Masih dalam rangkaian kegiatan Operasi Lilin Mahakam 2019 ini, Saya juga melakukan kunjungan kerja (Kunker) untuk bertemu dengan tokoh masyarakat secara maraton ke seluruh kecamatan. Hari ini saya akan mengunjungi Kecamatan Babulu. Tujuannya untuk menyampaikan terkait pengamanan Natal dan tahun baru ini," ujarnya.

Kegiatan kunker itu, sambungnya, dilanjutkan selama beberapa hari ke Kecamatan Sepaku, Kecamatan Penajam dan Kecamatan Waru dalam satu rangkaan kegiatan sama.

"Kunker tersebut saya lakukan sekaligus menempatkan dan melihat kesiapan anggota saya yang bertugas di wilayah untuk melaksanakan tugas Pam Natal dan tahun baru. Dimana kami telah mengerahkan dua per tiga kekuatan kita," tukasnya.

Baca Juga: Jelang Natal, Polda Kaltim Amankan Gereja dan Siapkan 2 Ribu Personel

2. Operasi Lilin Mahakam 2019 kali ini melibatkan ormas - ormas di PPU

Amankan Ibadah Natal, Polres Penajam Paser Utara Sterilisasi GerejaPengecekan Pos Pelayanan Pengamanan Natal dan Tahun Baru di sekitar Pasar Petung (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Dharma menjelaskan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2019 kali ini, pihaknya juga melibatkan ormas - ormas  di PPU dan diundang untuk ikut serta melakukan kegiatan di pos pelayanan dan pengamanan gereja.

"Kami libatkan ormas - ormas dan kami undang untuk ikut serta terlibat dalam pos - pos pelayanan. Bahkan ikut melakukan pengamanan di gereja - gereja." 

3. Pengamanan sejumlah obyek wisata baik dari sisi darat maupun sisi laut

Amankan Ibadah Natal, Polres Penajam Paser Utara Sterilisasi GerejaPengecekan panel data yang berada di Pos Terpadu Pengamanan Nataru di Pelabuhan Ferry Penajam (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Kapolres PPU juga menuturkan, terkait dengan pengaman libur tahun baru, pihaknya lebih menfokuskan pengamanan di sejumlah objek wisata baik dari sisi darat maupun sisi laut yang dilaksanakan oleh Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres PPU.

"Nanti seluruh personel Polairud kita stand by-kan di perairan untuk memberikan pengamanan kepada masyarakat yang menikmati libur perayaan tahun baru di objek wisata pinggir pantai wilayah PPU," imbuhnya.

Perayaan Natal besar tingkat kabupaten rencananya bakal digelar pada Jumat, 3 Januari 2019. Dharma menjelaskan pihaknya masih menunggu informasi pasti dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Kabupaten PPU, terkait lokasi kegiatan pelaksanaannya.

"Informasi yang kami terima rencananya kegiatan perayaan natal besar kabupaten digelar di kelurahan Maridan atau ITCI Kecamatan Sepaku. Tetapi informasi resmi dari PGI belum kami terima. Saya selain menghadiri kegiatan pasti  juga memberikan pengamanan meskipun kegiatan itu digelar di luar masa Operasi Lilin Mahakam 2019," pungkasnya.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Penataan Pintu Masuk IKN, Dermaga Speedboat Penajam Jadi Sorotan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya