Jelang Natal, Polda Kaltim Amankan Gereja dan Siapkan 2 Ribu Personel

Pasukan siap amankan Nataru

Balikpapan, IDN Times – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 pengamanan di Kaltim, khususnya di Balikpapan, terus diperketat pihak kepolisian. Minggu (22/12) sore, jajaran Polda Kaltim meninjau beberapa gereja di Kota Minyak.

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono. Selain itu, Waka Polda Kaltim, Brigjen Pol Edi Tambunan dan Kapolresta Balikpapan, AKBP Turmudi, juga turut serta.

1. Pastikan pasukan siap amankan ibadah Natal

Jelang Natal, Polda Kaltim Amankan Gereja dan Siapkan 2 Ribu PersonelIrjen Pol Muktiono (dua kiri) dan Brigjen Pol Edi Tambunan saat bertemu pengurus Gereja Katolik Santa Theresia. Sumber: Polda Kaltim

Di sela-sela kunjungan, Irjen Pol Muktiono menjelaskan, ada dua gereja besar di Balikpapan yang menjadi tujuan pihaknya, yakni Gereja Katolik Santa Theresia di Kelurahan Prapatan dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Gunung Malang.

Adapun tujuan ke gereja-gereja ini, kata dia, untuk memastikan bahwa tempat-tempat yang akan dijadikan beribadah umat Kristiani tersebut siap melangsungkan ibadah Natal tanpa ada gangguan.

“Kami melihat bagaimana persiapan perayaan Natal. Termasuk persiapan anggota kami agar betul-betul nanti pada saat malam Natal sudah bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” katanya kepada awak media di Santa Theresia.

Baca Juga: Pengamanan Nataru, Polri Kerahkan 190 Ribu Personel Gabungan

2. Pengamanan Lapangan Merdeka akan diperketat saat Tahun Baru

Jelang Natal, Polda Kaltim Amankan Gereja dan Siapkan 2 Ribu PersonelIrjen Pol Muktiono saat wawancara dengan awak media. Sumber: Polda Kaltim

Pengaman ekstra ini, Muktiono menerangkan, akan berlangsung hingga awal 2020. Hal ini guna memastikan perayaan malam Tahun Baru nanti bisa berjalan lancar dan kondusif.

“Untuk tahun baru kami juga akan melakukan patroli-patroli, kesiapan-kesiapan untuk pengecekan perayaan Tahun Baru nanti,” terang jenderal bintang dua itu.

Di Balikpapan, sebut dia, pengamanan ketat akan dipusatkan di Lapangan Merdeka. Sebab, tempat itu diprediksi menjadi pusat paling ramai di kota ini saat malam pergantian tahun.

“Itukan perayaan Tahun Baru nanti paling banyak kalau di Balikpapan di Lapangan Merdeka. Nanti akan kami siapkan di sana,” tegasnya.

3. Imbau warga tidak merayakan Nataru secara berlebihan

Jelang Natal, Polda Kaltim Amankan Gereja dan Siapkan 2 Ribu PersonelIlustrasi Operasi Lilin Mahakam Polda Kaltim (Dok. Bid Humas Polda Kaltim)

Lebih jauh, Muktiono meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak merayakan Nataru secara berlebihan. Termasuk menggunakan petasan atau kembang api. Dia berharap warga tidak menggunakan kembang api dalam jumlah besar, karena hal itu dapat menganggu kondusifitas kota.

“Kami pengalaman dalam peristiwa-peristiwa keramaian biasa suka terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, karena memang kita terlalu berlebihan. Mudah-mudahan ini tidak terjadi. Kita tetap bergembira, tapi tidak berlebihan,” ujarnya.

Dalam pengaman Nataru kali ini, dia menambahkan, pihaknya akan menerjunkan  2.468 personel yang akan disebar di seluruh Kaltim. Khusus di Balikpapan disiapkan 420 personel. Namun jumlah tersebut belum termasuk pasukan TNI dan instansi lainnya yang juga siap mengamankan perayaan Nataru.

“Yang menjadi atensi kami, yaitu ancaman terorisme, kenaikan harga sembako, konflik sosial, peredaran atau penyalahgunaan narkoba dan bencana alam,” pungkasnya.

Baca Juga: UN Jadi Beban, Siswi di Balikpapan: Nyaris Tak Ada Waktu Luang

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya