Amankan Natal dan Tahun Baru Polres PPU Gelar Operasi Lilin Mahakam

150 personel disebar di setiap pos

Penajam, IDN Times  – Kapolres Penajam Paser Utara (PPU) AKBP M. Dharma Nugraha menegaskan, dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Polres mengerahkan sedikitnya 150 orang personel yang disebar kesejumlah titik di PPU.   

“Tahun ini, kami mengerahkan 150 personel yang tersebar di setiap pos pengamanan dan gereja yang ada di wilayah hukum Polres PPU,” beber Dharma kepada IDN Times usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2019 dalam rangka pengamanan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, di halaman Mapolres PPU, Kamis (19/12).

Baca Juga: Tol Balsam Dibuka Hari Ini, Meski Gratis Tetap Gunakan E-Toll 

1. Lima Pos Pelayanan Terpadu didirikan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020

Amankan Natal dan Tahun Baru Polres PPU Gelar Operasi Lilin MahakamKapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha menyematkan pita sandi Operasi Lilin Mahakam tahun 2019 kepada perwakilan anggota Polisi Militer (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Diungkapkannya, untuk Pos pihaknya mendirikan sebanyak lima pos, terdiri dari satu Pos Terpadu di Pelabuhan Fery Penajam, satu Pos Pelayanan di Kelurahan Petung serta tiga Pos Pengamanan di lokasi wisata Pantai Nipah Nipah, Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Corong.

Dharma berharap, sinergi Polri dan instansi lainnya dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2020, mampu meningkatkan keamanan, serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan baik dan profesional.

2. Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi Kepolisian terpusat

Amankan Natal dan Tahun Baru Polres PPU Gelar Operasi Lilin MahakamKapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis. M. Si, pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Kapolres menuturkan, Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang dilaksanakan selama 10 hari mulai 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. Operasi Lilin Mahakam 2019 oleh Polres PPU beserta seluruh jajaran, instansi terkait, dan mitra Kamtibmas dilaksanakan guna terciptanya situasi kondusif selama perayaan Natal dan Tahun Baru khususnya di Kabupaten PPU.

Sementara itu, saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi  Idham Azis, Kapolres PPU mengungkapkan, apel yang dilaksanakan hari ini sebagai salah satu kegiatan pengecekan akhir kesiapan dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

3. Apel diselenggarakan untuk melihat persiapan semua unsur yang terlibat

Amankan Natal dan Tahun Baru Polres PPU Gelar Operasi Lilin MahakamKapolres PPU AKBP M. Dharma Nugraha beserta Forkopimda serta undangan lainnya melakukan pemusnahan BB miras hasil KRYD tahun 2019 menggunakan alat berat wales (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

“Untuk melihat kesiapan baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemda, dan mitra kamtibmas lainnya. Melalui kekuatan lintas institusi dan instansi diharapkan mampu melakukan pengamanan hingga tahun baru di wilayah hukum Polres PPU," tegasnya.

Usai kegiatan Kapolres beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU melakukan pemusnahan barang bukti miras hasil Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) tahun 2019 di wilayah hukum Polres PPU. Kemudian dilanjutkan rapat koordinasi antar lintas instansi.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Turun

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya