Gubernur Kaltim Serahkan 20 Unit Rumah Layak Huni pada Warga PPU

Fokus turunkan kemiskinan ekstrem 

Penajam, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyerahkan 20 unit rumah layak huni (RLH) kepada warga di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Pembangunan rumah layak huni yang bersumber dari corporate social responsibility (CSR)  PT Pertamina (Persero).

“Saya berharap kepada masyarakat yang menerima rumah layak huni ini untuk dapat merawat dengan baik dan memanfaatkan dengan baik rumah ini,” kata Isran Noor, Sabtu (23/9/2023).

1. Wujud perhatian komitmen Pemerintah Kaltim

Gubernur Kaltim Serahkan 20 Unit Rumah Layak Huni pada Warga PPUGubernur Kaltim Isran Noor berikan bantuan seombolis kepada Pj. Bupati PPU Makmur Marbun (IDN Times/Ervan)

Pemprov Kaltim pun menyerahkan bantuan kepada Kelurahan Buluminung di Penajam. 

Perincian bantuan rumah Buluminung (8 unit), Lawe-Lawe (2 unit), Girimukti (2 unit), Pemaluan (8 unit). Prosesi penyerahan disaksikan langsung Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, Forkopimda, dan Pertamina. 

Isran menyampaikan,  bantuan dari Pemerintah Provinsi Kaltim hari ini merupakan wujud perhatian dan komitmen pihaknya dalam membantu masyarakat di berbagai bidang. 

“Oleh sebab itu, manfaatkan bantuan yang diterima dengan sebaik- baiknya. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat yang nyata dan mendukung pembangunan Kalimantan Timur,” harap Isran. 

Baca Juga: Gubernur Kaltim Melantik Penjabat Bupati PPU 

2. Bantuan rumah baru, tandon dan sanitasi layak

Gubernur Kaltim Serahkan 20 Unit Rumah Layak Huni pada Warga PPUBantuan RLH di Penajam bersumber dari CSR Pertamian (IDN Times/Ervan)

Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun berterima kasih atas kepedulian provinsi dan Pertamina dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada atas bantuan yang diberikan kepada  masyarakat PPU,” sebutnya.

Yaitu, bantuan berupa pembangunan rumah baru beserta tandon air minum dan sanitasi layak. Sehingga masyarakat PPU dapat menerima rumah layak huni tersebut

Dibeberkannya, 20 unit rumah diberikan itu terdiri dari dua jenis rumah konstruksi, yaitu beton dan kayu tersebar di empat Kelurahan atau Desa, yaitu Buluminung, Pemaluan, Lawe-Lawe, dan Girimukti.

3. Rumah tidak layak huni di Kabupaten PPU

Gubernur Kaltim Serahkan 20 Unit Rumah Layak Huni pada Warga PPUIsran Noor serahkan bantuan untuk warga Penajam secara sombolis diterima Babinsan Penajam (IDN Times/Ervan)

Makmur mengatakan, masyarakat PPU masih banyak terdapat rumah tidak layak huni.

“PPU terdapat rumah tidak layak huni sebanyak 1.810. Dengan adanya program bantuan ini tentu dapat membantu mengurangi jumlah rumah tidak layak huni dan  angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten PPU ini,” sambungnya. 

Makmur menerangkan bantuan pembangunan rumah baru, tandon air minum dan sanitasi layak ini sesungguhnya sejalan dengan delapan arahan Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Ini sejalan dengan arahan bapak presiden dan Pak Mendagri untuk kami para PJ kepala daerah. Di mana di antara delapan arahan tersebut adalah menekankan agar para PJ fokus menurunkan angka kemiskinan ekstrem,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemda Salurkan Rp771 Juta untuk Sembilan Parpol di PPU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya