Hari Ini Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19 

Satu warga Waru Sembuh

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan, hari ini PPU mendapatkan kembali tambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak satu pasien merupakan warga Kecamatan Sepaku.

"Informasi yang kami peroleh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), hari ini ada satu pasien suspek terkonfirmasi positif COVID-19 baru dan satu pasien positif dinyatakan selesai isolasi atau sembuh," katanya kepada IDN Times, Jumat (4/12/2020) di Penajam.     

1. Pasien terkonfirmasi positif hari ini berkode PPU 210, laki-laki tinggal di Desa Semoi Dua, Kecamatan Sepaku

Hari Ini Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19 RSUD RAPB PPU hingga kini menjadi lokasi perawatan pasien COVID-19 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, adapun pasien terkonfirmasi positif hari ini berkode PPU 210, laki-laki usia 35 tahun, tinggal di Desa Semoi Dua, Kecamatan Sepaku dimana dari hasil uji sampel swab nya positif, sementara pasien selesai isolasi yakni PPU 133 perempuan umur 23 tahun, tinggal di Kelurahan Waru, Kecamatan Waru dengan hasil uji sampel swab akhir negatif.

"Pasien Positif hari ini melakukan isolasi mandiri karena tidak menunjukan gejala, namun rencananya diarahkan ke lokasi isolasi terpadu di rumah susun sewa (rusunawa) di sekitar terminal Penajam. Sedangkan pasien sembuh sebelumnya menjalani isolasi mandiri dengan pemantauan tim surveillance Satgas Penanganan COVID-19 juga Dinkes PPU," sebut Grace.

Baca Juga: Bayi Dua Bulan Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara

2. Update kasus pasien terkonfirmasi PPU hari ini total keseluruhan sebanyak 210 kasus

Hari Ini Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19 Direktur RSUD RAPB PPU, dr. Jansje Grace Makisurat sosialisasikan cuci tangan kepada seorang pejabat (dok. Humas Setkab PPU)

Diungkapkannya, bertambahnya satu pasien positif COVID-19 dan satu pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh per hari ini, maka update kasus pasien terkonfirmasi PPU total keseluruhan sebanyak 210 kasus dengan perincian 44 pasien berstatus positif terdiri dari tujuh orang dirawat di rumah sakit dan 37 orang isolasi mandiri, sembilan orang meninggal dunia swab positif.

"Dari 210 total kasus keseluruhan pasien terkonfirmasi positif di PPU terdapat 157 orang pasien diantaranya telah selesai isolasi atau dinyatakan sembuh dengan hasil swab negatif," urainya.

3. Hari ini total keseluruhan suspek PPU sebanyak 1.398 kasus

Hari Ini Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19 Infografis COVID-19 PPU update 4 Desember 2020 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

Selain satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dan satu pasien sembuh, tambahnya, hari ini juga terdapat empat kasus suspek COVID-19, sehingga sejak 22 Maret 2020 sampai dengan Jumat hari ini total keseluruhan suspek di PPU sebanyak 1.398 kasus, dimana terdapat tiga pasien jalani isolasi mandiri dan 11 orang dirawat di rumah sakit.

“Untuk jumlah suspek meninggal dunia dengan komorbid hasil swab negatif sebanyak delapan kasus, sementara total keseluruhan probable 188 kasus serta 1.133 kasus discarded,” ujar Grace.

Pada kesempatan itu, Grace menghimbau kepada masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun.

“Kami juga menghimbau agar masyarakat  beretika ketika batuk dan bersin. Lalu  tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan atau menghadirkan banyak orang dan membatasi aktifitas, hal ini sebagai upaya kita untuk memutuskan rantai penyebaran COVID-19 di PPU khsusunya,” pungkasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Satu Pelajar di Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya